Sukses

Lifestyle

5 Bukti Hidupmu Mengalami Kemajuan meski Belum Sesuai Impian

Fimela.com, Jakarta Perjalanan dan perjuangan hidup tiap orang berbeda-beda. Ada yang tampak mudah membuat pencapaian tertentu, ada pula yang harus jatuh bangun tiap kali menaiki anak tangga baru kehidupan. Ada yang bisa mencapai impian sesuai dengan keinginan dan rencana, tapi ada pula yang perlu berlapang dada menerima realitas yang ada.

Bagi dirimu yang kadang merasa sedih atau minder dengan hidup yang belum sesuai impian, coba untuk ambil jeda sejenak mengapresiasi perjalananmu hingga bisa sampai ke titik ini. Walau belum sesuai impian, hidupmu saat ini sudah mengalami kemajuan. Tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

1. Bisa Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Saat kamu sudah bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri, maka sudah ada jiwa yang lebih dewasa di dalam dirimu. Bagaimana mengupayakan kebahagiaan yang dimaksud? Bisa dengan melakukan hal yang paling disukai, menekuni hobi, atau terhubung kembali dengan teman atau sahabat dekat. Hal-hal sederhana yang masih bisa diupayakan untuk membuatmu merasa baik-baik saja adalah sesuatu yang sebenarnya berharga.

2. Masih Memiliki Rutinitas yang Bermakna

Meski ada impian yang belum terwujud, tapi selama kamu masih bisa memiliki rutinitas atau keseharian yang membuatmu bersemangat maka sebenarnya kamu sudaah membuat kemajuan sendiri dalam hidup. Mengutip buku The Atlas of Happiness, ada istilah menarik terkait definisi kebahagiaan dari Yunani, yaitu "meraki". Meraki adalah gagasan untuk menenggelamkan diri ke dalam sesuatu dengan cinta, perhatian, dan gairah, mengejar sesuatu dengan cara yang tepat dan memperkaya jiwa, sesuatu yang telah dikuasai oleh orang Yunani selama ribuan tahun. Dan meraki berarti bahwa bahkan pada hari-hari ketika hidup tidak berjalan sesuai keinginan (ketika segala sesuatunya terasa sulit atau bahkan membosankan) kita memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan.

3. Mengurangi Kebiasaan Mengeluh

"Ketika komplain hadir kebahagiaan menghilang, sedangkan penerimaan dan kebahagiaan adalah saudara kembar yang kerap hadir bersama-sama," tulis Gobind Vashdev dalam Happiness Inside. Kebahagiaan akan lebih mudah hadir saat kita mengurangi kebiasaan komplain atau mengeluh. Saat kamu sudah bisa mengurangi kebiasaan mengeluh karena ada impian yang belum terwujud, maka sebenarnya kamu sudah lebih dewasa dalam menjalani hidup.

4. Bisa Melihat Sisi Baik dari Tiap Pengalaman

Gagal mencapai sebuah impian bukan akhir dari segalanya. Kegagalan tak kamu anggap sebagai akhir dari segalanya. Tiap pengalaman yang awalnya terasa tak menyenangkan kamu terima dengan lapang dada dan berusaha untuk melihat sisi baik atau sisi positifnya. Memiliki kemampuan bisa melihat sisi baik menjadi sebuah pencapaian sendiri dalam hidupmu.

5. Bisa Menyesuaikan Prioritas dan Harapan Baru

Walau ada impian yang belum terwujud, kamu tak menyerah begitu saja. Saat kamu bisa menyesuaikan prioritas dan harapan baru agar bisa lebih bersemangat jalani hidup, kamu sebenarnya sudah mengalami kemajuan sendiri. Hidupmu tetap mengalami kemajuan selama kamu masih mau melangkah ke depan.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua upaya terbaik hingga sampai ke titik ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading