Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Kipas Angin Panas dan Tidak Berputar yang Kerap Terjadi

Fimela.com, Jakarta Kipas menjadi salah satu alat elektronik yang paling berguna dikala cuaca sangat panas dan tak nyaman, banyak orang yang menyalakan kipas untuk mendapatkan angin dingin yang dihasilkan dari kipas. Terkadang kita selalu sering menggunakan kipas tanpa menyadari untuk membersihkan atau merawat kipas.

Pernah mengalami masalah pada kipas angin? Ada banyak yang menyebabkan kipas angin panas dan mungkin tidak berputar. Tetapi, ketika kamu memiliki masalah dengan kipas angin apakah langsung akan membuangnya? Masalah satu ini sendiri ternyata dapat kamu atasi dengan mudah.

Kipas angin yang mengeluarkan panas sendiri tentu membuat tak nyaman atau kipas angin yang tidak berputar akan menyebabkan beberapa masalah. Berikut beberapa penyebab yang kerap terjadi pada kipas angin yang tidak mau berputar dan mengeluarkan panas yang bikin penasaran:

1. Kurangnya Perawatan

Pernah merawat kipas angin? Penggunaan kipas angin yang terus menerus tanpa adanya perawatan justru dapat membuat kipas angin lebih cepat rusak. Mesin pada kipas angin yang jarang pelumas akan membuat kipas motor semakin berkarat dan mengalami kerusakan. Hal inilah yang dapat menyebabkan kipas angin mengeluarkan panas atau tidak mau berputar.

2.  Adanya Kotoran Pada Kipas Angin

Mungkin sudah biasa dengan masalah satu ini yaitu banyaknya kotoran pada kipas angin, adanya penumpukan debu atau kotoran pada baling atau bos kipas angin justru akan membuat kipas angin berputar menjadi sangat lambat. Untuk mengatasi masalah satu ini kamu hanya perlu membersihkan bagian baling atau sekitar kipas angin agar berputar kembali.

3. Bushing Kipas Angin yang Sudah Aus

Kemudian salah satu penyebab kipas yang panas dan tidak dapat berputar adalah busing kipas yang sudah aus, kamu juga perlu mengecek aus yang sudah rusak. Jika bushing tampak sangat longgar atau bergoyang maka kamu perlu untuk menggantinya, untuk mengatasi masalah satu ini kamu perlu melepas dan mengganti bushing dengan benar.

4. Motor kipas yang Rusak

Adanya kipas motor yang rusak terkadang akan mengalami beberapa kerusakan kipas angin lainnya, motor kipas yang terlalu tua terkadang akan mengalami beberapa masalah internal. Untuk mengatasi masalah satu ini kamu perlu membawa kipas angin ke reparasi untuk memperbaikinya.

Berikut beberapa penyebab kipas angin yang tidak mau berputar dan mengeluarkan panas yang kerap terjadi, untuk mengetahui beberapa penyebab diatas kamu perlu memperbaikinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading