Sukses

Lifestyle

Belanja Bulanan Sering Melebihi Budget? Ini 6 Tips Menghemat yang Harus Dicoba

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti pernah merasakan belanja bulanan kebutuhan dapur yang melebihi melebihi budget, terkadang hal tersebut membuat kesal dan menyesal. Terlebih saat ini ada beberapa kebutuhan rumah tangga yang harganya naik, sehingga membuat sahabat Fimela harus pintar-pintar untuk menghemat anggaran belanja.

Dilansir dari ramseysolution.com berdasarkan Studi State of Personal Finance ditemukan bahwa dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, 84 persen orang sering memerhatikan harga kebutuhan yang lebih tinggi di toko bahan makanan. Melihat harga bahan makanan yang terus menerus mengalami kenaikan membuat langkah untuk menghemat anggaran belanja menjadi mustahil.

Namun, sahabat Fimela tak perlu khawatir karena Fimela memberikan 6 tips hemat belanja kebutuhan dapur yang dapat dicoba. 

1. Buat dan patuhi daftar belanja

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghemat belanja kebutuhan dapur adalah dengan membuat dan mematuhi daftar belanja. Seringkali orang senang untuk berbelanja, terutama ketika memasukkan makanan ke trolley memberikan rasa bahagia pada diri sendiri.

Namun, ketika mencapai kasir perasaan kesal dan menyesal menjadi membludak karena menghabiskan banyak anggaran untuk kebutuhan dapur. Oleh sebab itu, sebelum meninggalkan rumah sahabat Fimela harus membuat daftar belanja dan mematuhi setiap daftar yang telah dibuat. Jangan sampai apa yang dibeli melebihi budget di saat sahabat Fimela ingin berhemat.

2. Jangan lupakan plan meals

Langkah kedua yang dapat membantu menghemat pengeluaran kebutuhan dapur adalah membuat daftar menu atau  plan meals. Sahabat Fimela dapat membuat plan meals untuk seminggu ke depan dan pastikan untuk menggunakan bahan yang sama agar daftar belanja tidak membludak.

Selain itu, sahabat Fimela dapat melihat beberapa resep masakan di internet untuk mendapatkan ide masakan untuk seminggu ke depan.

3. Pilih makanan yang tahan lama

Dalam menghemat anggaran belanja sahabat Fimela harus terapkan untuk mengonsumsi makanan beku. Saat ini makanan beku sudah tidak asing lagi di telinga para ibu rumah tangga dan anak kost karena sudah banyak resep makanan beku yang tersedia di internet. 

Selain itu, mengonsumsi makanan beku tidak hanya membuat pengeluaran menjadi hemat, tetapi juga sahabat Fimela dapat menghemat waktu untuk mengolah makanan beku tersebut. Serta yang terpenting adalah sahabat Fimela tidak perlu khawatir apabila bahan masak menjadi rusak karena makanan beku dapat disimpan berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan.

4. Belanja sendiri

Salah satu langkah terbaik untuk menghemat anggaran pengeluaran belanja bulanan adalah dengan pergi berbelanja sendiri. Jika berbelanja bersama anak kemungkinan sahabat Fimela akan dibujuk untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Oleh karena itu, untuk menghemat anggaran pengeluaran belanja bulanan sebaiknya sahabat Fimela berbelanja sendiri dan tetap membeli barang yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

5. Bayar dengan uang tunai

Membayar belanjaan menggunakan uang tunai adalah salah satu cara terbaik untuk berhemat. Hal ini dapat terjadi karena jika sahabat Fimela menggunakan debit card belanja dapat melebihi anggaran yang telah disiapkan.

Selain itu, belanja menggunakan uang tunai juga membuat sahabat Fimela patuh terhadap daftar belanja yang telah dibuat sehingga belanja tidak melebihi apa yang telah direncanakan atau over budget.

6. Cek harga satuan

Sebelum membeli sebuah barang pastikan sahabat Fimela memerhatikan harga satuannya. Hal tersebut berlaku tidak hanya pada barang, melainkan pada makanan. 

Terkadang orang langsung mengambil barang tanpa memerhatikan harga, tanpa disadari bahwa barang dengan merk berbeda namun isinya sama memiliki harga yang lebih murah. Oleh karena itu, cobalah untuk sesekali memerhatikan harga satuan untuk menghemat pengeluaran.

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading