Sukses

Lifestyle

Begini Cara Mengatasi 6 Gangguan Kesehatan yang Diakibatkan dari Terlalu Lama Duduk

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela sebagai pekerja yang suka menghabiskan waktu di meja kerja, kamu mungkin akan tahu rasa sakit yang dikarenakan duduk sepanjang hari. Sakit punggung, iritasi pada mata adalah beberapa masalah umum yang kita semua alami. Tetap menetap di suatu tempat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa dan juga dapat menyebabkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Lalu, masalah apa saja yang kerap muncul saat kamu terlalu lama duduk? Yuk, simak semak selengkapnya di bawah ini.

1. Sakit leher

Menatap layar laptop sepanjang hari dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di leher dan tulang belakang. Ini terjadi karena dibutuhkan lebih banyak otot untuk menahan leher pada 30 derajat untuk bekerja di depan komputer daripada memegangnya dengan lurus.

Cara mengatasinya, letakkan laptop dan komputer sedemikian rupa sehingga bagian tengah layar sejajar dengan dagu. Dengan cara ini, dagu akan tetap netral dan tidak perlu menekuk leher untuk bekerja di depan laptop.

2. Kurang konsentrasi

Duduk dalam posisi stagnan sepanjang hari membatasi aliran darah, akibatnya, jumlah oksigen yang mencapai otak lebih sedikit. Ini membuat otak sulit berkonsentrasi. Cara mengatasinya, cobalah untuk bergerak sebanyak yang kamu bisa. Ini akan membuatmu lebih efisien dan kamu akan dapat berkonsentrasi dengan cara yang lebih baik. Berjalan-jalanlah setelah setiap jam dan pastikan kamu berjalan setiap kali kamu berbicara dengan seseorang di ponsel.

3. Depresi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventative Medicine, perempuan paruh baya yang duduk di posisi yang sama selama lebih dari tujuh jam sehari lebih mungkin menderita masalah depresi dibandingkan dengan mereka yang duduk empat jam atau lebih sedikit setiap hari.

Cara mengatasinya, lakukan 30 menit berjalan kaki setiap hari dalam rutinitasmu. Orang yang menghabiskan waktu dengan alam cenderung menarik lebih sedikit pikiran negatif. Memikirkan pikiran negatif meningkatkan risiko depresi.

4. Sakit punggung bawah

Ini adalah kondisi medis umum yang dihadapi oleh setiap orang yang memiliki banyak pekerjaan dengan posisi duduk. Membungkuk di meja untuk jangka waktu yang sangat lama menyebabkan sakit punggung. Postur tubuh yang buruk adalah alasan lain di balik ini.

Cara mengatasinya, cobalah untuk memperbaiki postur tubuh. Nyeri akibat postur tubuh yang buruk membutuhkan banyak waktu untuk pulih. Gunakan keyboard terpisah bahkan saat kamu menggunakan laptop untuk menghindari membungkuk.

5. Sakit kaki

Ketika kaki tidak bergerak atau meregang untuk waktu yang lama, mereka mulai terasa sakit. Kita semua mengalami rasa sakit ini dari imobilitas di mana kamu merasa lega hanya setelah kamu meregangkan otot-otot kaki atau mencelupkan kaki ke dalam seember air hangat.

Cara mengatasinya, ubah posisi kursi untuk memastikan kakimu nyaman. Jaga agar kaki rata di lantai dan sesuaikan ketinggian kursi sedemikian rupa sehingga lutut sejajar dengan pinggul atau sedikit lebih tinggi.

6. Penyimpanan lemak

Kita kurang aktif saat sedang bekerja. Banyak dari kita bahkan merasa bersalah karena duduk segera setelah makan. Hal ini menyebabkan timbunan lemak di pinggang kita. Gaya hidup kita yang tidak aktif menurunkan aktivitas enzim pembakar lemak.

Cara mengatasinya, ambil jeda 15 menit setiap dua jam. Juga, berjalan-jalanlah 10 menit setelah makan siang; jangan mulai bekerja segera setelah makan.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat membantumu untuk mengatasi masalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena terlalu lama duduk. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading