Sukses

Lifestyle

5 Dampak Melewatkan Makan Malam, Justru Bisa Mengalami Penambahan Berat Badan!

Fimela.com, Jakarta Saat merasa lelah atau sekadar diet untuk membatasi jumlah asupan kalori, kita kerap melewatkan waktu makan malam. Meski makan malam terdengar mudah dilewatkan, perlu Sahabat Fimela ketahui, bahwa makan malam sangat penting dan diperlukan. Jangan jadikan sebuah kebiasaan untuk meninggalkan waktu makan malam.

Tidur dengan perut keroncongan justru dapat berdampak pada tubh. Lalu, apa saja dampak dari tidur dalam kondisi perut kosong? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kekurangan gizi

Tidak makan pada malam hari akan menyebabkan kekurangan gizi pada tubuh, terutama kekurangan gizi mikro. Menurut ahli gizi, tubuh kita membutuhkan nutrisi mikro seperti magnesium, Vitamin B12, dan Vitamin D3 untuk bekerja secara efisien. Jika seseorang terbiasa tidur dengan perut kosong, orang tersebut berisiko menjadi kurang gizi dan kekurangan mikronutrien."

2. Mempengaruhi metabolisme

Jika kamu melewatkan makan malam secara teratur atau memiliki kebiasaan makan yang tidak menentu, hal itu dapat membahayakan metabolisme tubuh. Hal ini dapat memengaruhi kadar insulin dalam tubuh, yang merupakan hormon terpenting. Selain itu, juga memengaruhi kadar kolesterol dan tiroid. Jika kamu tidak makan makanan yang tepat pada waktu yang tepat, hal itu dapat memengaruhi hormon, yang membuatmu  rentan terhadap penyakit lain.

3. Susah tidur

Tidur tanpa makan sebelumnya  dapat membuatmu bolak-balik di tempat tidur pada larut malam. Rasa lapar akan membuatmu tetap terjaga secara mental dan tidak membiarkanmu tidur nyenyak. Hal ini terjadi karena tubuh kita dikendalikan secara neurologis dan hormonal dan tidak memiliki cukup makanan di malam hari mungkin akan berdampak pada itu.

4. Penambahan berat badan

Banyak orang dalam upaya mereka menurunkan berat badan berasumsi bahwa melewatkan makan malam akan berhasil dalam diet, namun, justru sebaliknya.  Memang benar bahwa seseorang harus memiliki jumlah makanan yang sedikit di malam hari, tetapi melewatkan makan sama sekali tidaklah ideal. Itu hanya akan menyebabkan penambahan berat badan. Di malam hari tubuh memasuki fase di mana kamu mulai mengumpulkan lemak. Tubuh mulai menghemat energi dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain, yang menyebabkan penambahan berat badan.

5. Membuatmu tidak tenang dan uring-uringan

Bekerja dengan perut kosong bisa membuat siapa saja menjadi bawel. Kamu tidak akan dapat berkonsentrasi jika kamu pergi tidur dengan perut kosong di malam hari dan menjalani harimu tanpa memulainya dengan sarapan yang sehat. Ini bahkan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang buruk. Peneliti dari University of Cambridge menemukan bahwa tingkat serotonin kita mulai berfluktuasi saat kita tidak makan di malam hari.

Jika kamu tidak mengikuti diet atau puasa tertentu, tidak disarankan untuk tidur dengan perut kosong di malam hari.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading