Sukses

Lifestyle

7 Cara Menjadi Orang yang Lebih Sabar dan Mensyukuri Hidup

Fimela.com, Jakarta Menjadi seseorang dengan kesabaran yang lebih bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada orang-orang yang sangat bersabar dan memiliki perasaan yang luas. Tapi tidak sedikit orang yang sulit mengendalikan emosi dan mengelola kesabarannya. Meski begitu, menjadi seseorang yang sabar bukan berarti tak bisa dilakukan oleh semua orang ya Sahabat Fimela. Sabar pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. 

Saat masalah demi masalah terus berdatangan, tidak jarang hal ini membuat stok kesabaran habis. Belum lagi ditambah orang sekitar yang sikapnya menyebalkan dan menjengkelkan. Juga kondisi keuangan yang hancur. Siapa yang bisa sabar dengan kondisi ini? Walau kelihatannya menjadi sabar sangatlah sulit, bukan berarti sabar tak bisa dilakukan. Ada beberapa cara untuk bisa menjadi pribadi yang lebih sabar dan mensyukuri hidup. Yuk, simak caranya di bawah ini.

1. Relaksasi

Lakukan relaksasi sejenak untuk membuat pikiran jadi makin rileks. Relaksasi juga bisa bikin tubuh lebih sehat dan bugar. Melakukan relaksasi seperti yoga atau pemanasan olahraga, ini bisa membantu kita mengelola emosi dengan baik. Ini juga membantu kita berpikir lebih jernih dan bahagia.

2. Lihat Permasalahan dari Berbagai Sudut Pandang

Lihatlah setiap permasalahan yang ada dari berbagai sudut pandang. Lihat dari berbagai sisi hingga kamu menemukan apa penyebab dari masalah tersebut. Jika sudah ditemukan penyebabnya, kamu bisa mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Inilah yang kemudian melatih kita untuk berpikir lebih jernih dan bersikap lebih sabar.

3. Terima Kenyataan dengan Ikhlas

Apapun yang terjadi padamu, terima kenyataan tersebut dengan ikhlas. Perasaan ikhlas di hati akan menuntunmu menjadi seseorang yang lebih sabar. Keikhlasan juga akan membantumu menjadi pribadi yang lebih ramah, ceria dan tenang di segala situasi.

4. Sibukkan Diri Saat Merasa Marah atau Emosi

Usahakan untuk menyibukkan diri saat kamu mulai marah dan emosi. Dengan menyibukkan diri terutama pada hal-hal yang kamu senangi, ini akan membantumu jadi pribadi yang lebih sabar. Ini juga membantumu untuk lebih mensyukuri hidup dan menerima kenyataan hidup dengan lebih lapang.

5. Istirahat Cukup

Istirahat cukup sangat penting tak hanya untuk fisik tetapi juga psikis kita. Sebaiknya miliki waktu tidur atau istirahat cukup setiap harinya. Ini akan membantumu jadi pribadi yang lebih sehat dan sabar. Ini juga memungkinkanmu memiliki banyak waktu untuk merenung dan mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini.

6. Tidak Terburu-Buru dalam Hal Apapun

Biasakan untuk melakukan segala aktivitas dengan tenang. Hindari melakukan apapun dengan terburu-buru. Ketika kamu terbiasa melakukan segala hal dengan terburu-buru, ini akan menghapus perasaan sabar kamu dalam diri secara perlahan sedikit demi sedikit.

7. Berkaca Dari Orang Lain

Memang, membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain tidaklah baik. Tapi, sesekali kamu juga boleh melakukannya agar kamu lebih bersyukur dan sabar atas apa yang ada dalam dirimu. Tidak semua orang yang kelihatan bahagia nyatanya hidupnya bahagia. Dan tidak semua oranga yang kesusahan akan larut dalam kesusahan tersebut. Berkaca dari orang lain juga penting untuk mempelajari kehidupan yang sesungguhnya. 

Itulah sekian cara mudah untuk melatih kesabaran dalam diri. Cara ini juga menuntun kita untuk menjadi pribadi yang lebih bersyukur, apa adanya dan menerima kenyataan dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading