Sukses

Lifestyle

Mudah Kehilangan Fokus, Ini 5 Tanda Kamu Butuh Emotional Healing

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela bertanya-tanya apakah dirimu sehat secara emosional? Hidup ini penuh dengan peristiwa dan keadaan yang menantang yang dapat merugikanmu secara emosional. Mungkin kamu menderita karena trauma atau kecelakaan. Mungkin keluarga dan temanmu tidak menyadari apa yang kamu alami. Jika kamu bertanya-tanya tentang kesehatan emosional, berikut adalah beberapa tanda untuk memastikan bahwa mungkin kamu membutuhkan emotional healing. Apa saja tanda-tandanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bergumul dengan Pikiran Cemas Setiap Hari

Salah satu tanda kamu membutuhkan penyembuhan emosional adalah kamu terus-menerus khawatir atau cemas. Kamu mungkin merasa sedih atau tenggelam dalam kekhawatiran tentang potensi sesuatu yang buruk yang dapat terjadi padamu atau orang yang kamu cintai. Pikiran cemas mungkin menghalangi kehidupan sehari-hari. Kamu mungkin merasa putus asa seperti tidak ada hal baik yang terjadi dalam hidup.

Jika kamu merasa beberapa frasa ini mewakili perasaanmu, mungkin inilah saatnya untuk mencari bantuan. Jika kamu terus mendorong pikiran cemas ini, itu hanya akan menjadi lebih buruk. Dapatkan bantuan yang kamu butuhkan dan temukan kelegaan dari perasaan cemas dan khawatir.

2. Bereaksi Terlalu Berlebihan Terhadap Berbagai Hal

Jika kamu bereaksi berlebihan terhadap hal-hal kecil sepanjang waktu, itu bisa berarti kamu sedang berjuang secara emosional. Apakah kamu marah saat mengemudi? Apakah kamu menyerang orang ketika mereka bersikap kasar di toko? Apakah kamu sering marah di tempat kerja? Ini adalah tanda-tanda kamu mungkin tidak sehat secara emosional. Apakah kamu terus-menerus bergumul dengan perasaanmu?

Memiliki perasaan ini secara teratur berarti kamu tidak sehat secara emosional. Jika kamu melanjutkan jalan ini, kamu akan memperburuk keadaan. Kemarahan dapat menyebabkan menyakiti seseorang atau membuat dirimu bermasalah serius.

Jika kamu bergumul dengan perasaan marah dan frustrasi yang intens ini setiap hari, cobalah untuk segera mencari bantuan. Kamu menempatkan diri dan orang lain dalam bahaya. Kesehatan emosional sepadan dengan usaha. Hubungi hari ini ke konselor atau terapis untuk mendapatkan bantuan atas kemarahanmu.

3. Kurangnya Kepercayaan

Setiap orang memiliki orang yang mereka percayai. Jika orang yang bekerja denganmu, keluargamu, atau temanmu telah membuktikan diri mereka dapat dipercaya, namun kamu berjuang untuk mempercayai mereka, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu membutuhkan penyembuhan emosional. Mungkin kamu mencurigai orang-orang ini menipumu atau mencuri uangmu. Mungkin kamu telah memberi tahu mereka hal-hal yang sekarang kamu sesali dan pikir mereka akan menggunakannya untuk melawanmu. Jika kamu terus-menerus curiga terhadap keluarga dan temanmu, itu bisa menjadi tanda penyakit mental. Kamu tidak memiliki pemikiran rasional. Kurangnya kepercayaan pada siapa pun tidak sehat dan dapat membuatmu membuat keputusan yang buruk. Penyembuhan emosional penting bagimu. Kamu membutuhkan dukungan keluarga dan teman. Jika kamu mendorong mereka menjauh, kamu akan menemukan diri terisolasi dan kesepian, yang hanya akan memperburuk pergumulan emosionalmu. Jangan mendorong mereka yang mencintai pergi. Temukan bantuan karena kurangnya kepercayaanmu.

4. Perasaan Negatif Hadir dalam Kehidupanmu

Setiap orang bergumul dengan perasaan negatif sesekali. Tetapi jika kamu terus-menerus memendam perasaan negatif, itu tidak sehat untuk kondisi mentalmu. Ketakutan, kekhawatiran, ketidakpercayaan, kecemasan semuanya negatif dan dapat melemahkan tubuh dan pikiranmu. Jika kamu menemukan bahwa harimu dipenuhi dengan pikiran negatif yang membuatmu merasa sedih atau putus asa, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu membutuhkan penyembuhan emosional.

Apakah kamu dapat menghilangkan perasaan negatif ini atau apakah itu memengaruhi kemampuanmu untuk bekerja atau beraktivitas di rumah? Bisakah kamu mundur dan mencari tahu apa yang menyebabkan perasaan ini, atau apakah perasaan itu sepertinya menguasaimu tanpa peringatan? Jangan biarkan perasaan negatif menghilangkan kegembiraanmu dalam hidup atau menghentikanmu melakukan hal-hal yang kamu sukai. Ubah perasaan negatif menjadi perasaan yang lebih seimbang.

5. Tidak dapat Tidur dengan Nyenyak

Studi menemukan bahwa individu yang kurang tidur cenderung mudah tersinggung, sedih, frustrasi, dan marah. Kurang tidur menempatkanmu dalam suasana hati yang buruk dan negatif. Studi yang sama mengatakan kurang tidur dapat terjadi akibat gangguan mood. Beberapa kondisi kejiwaan menyebabkan masalah tidur seperti

Memiliki kesehatan emosional berarti kamu dapat mengendalikan perasaan, pikiran, dan emosimu sehingga tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Penyembuhan emosional berurusan dengan dan menerima semua emosi negatif dari hal-hal menyakitkan dalam hidupmu.

Nah, akan lebih baik kamu mengenali gejala kondisi kesehatan emosionalmu lebih dini. Tentu hal ini akan memengaruhi kehidupanmu secara keseluruhan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading