Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Hidupmu Tidak Terasa Stagnan

Fimela.com, Jakarta Perjalanan hidup tiap orang berbeda-beda. Perjuangan dan ujian hidup masing-masing orang tak ada yang sama. Kamu pun pasti punya perjalanan hidupmu sendiri dengan berbagai persoalan dan lika-likunya yang berbeda dari orang lain.

Beratnya hidup kadang membuatmu merasa stres dan tertekan. Bahkan membuatmu merasa seakan hidupmu stagnan, tak ada kemajuan. Tiap kali melihat hidup orang lain yang tampak lebih bersinar dan lebih sukses, seringkali kamu malah merasa minder karena hidupmu yang rasanya "gini-gini aja". Agar tidak terus merasa insecure, berikut ini cara yang bisa dicoba agar bisa memandang hidup dengan lebih positif lagi.

 

 

1. Hargai Perjuanganmu Sendiri

Tak perlu terus menerus pesimistis dalam menjalani hidup. Mengutip buku The School of Life, "A pessimist is someone who calmly assumes from the outset, and with a great deal of justification, that things tend to turn out very badly in almost all areas of existence." Tak perlu terus menerus fokus pada hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup. Coba hargai dan apresiasi perjalanan hidupmu sendiri, maka kamu akan menyadari bahwa dirimu sudah melakukan hal luar biasa karena sudah mengusahakan semua hal terbaik hingga titik ini.

 

 

2. Jalani Rutinitas yang Disukai

Jalani rutinitas yang kamu sukai. Nikmati setiap proses dan perjalanan yang kamu miliki dalam hidup. Selama kamu masih bisa menikmati kegiatan atau aktivitasmu, maka kamu senantiasa punya kesempatan untuk mendapatkan kepuasan batin. Hal ini pun bisa membuatmu merasa lebih bahagia dengan jalan hidupmu sendiri.

 

 

3. Hadirkan Rasa Cukup

Kadang kita merasa stagnan karena ada hal-hal yang tak kunjung terwujud. Ada keinginan-keinginan yang tak kunjung menjadi nyata. Bahkan masih banyak kegagalan yang dialami. Sebelum makin membuat diri sendiri tertekan, cobalah untuk menghadirkan rasa cukup di dalam diri. Tarik napas perlahan dan hadirkan rasa syukur atas semua hal yang sudah ada saat ini, maka kamu akan mendapatkan hati yang lebih lapang.

 

 

4. Tekuni Hal yang Menggairahkan

Ada bidang atau hal yang membuatmu senantiasa bersemangat? Ada sesuatu yang tiap kali bisa kamu kerjakan menghadirkan gairah menyenangkan? Coba untuk menekuni sesuatu yang bisa membuatmu bersemangat. Dengan begini, kamu tak akan punya waktu untuk merasa pesimis atau menganggap hidupmu stagnan.

 

 

5. Upayakan Kebahagiaan Sendiri

Tak harus menunggu orang lain untuk membahagiakanmu. Tak perlu selalu menunggu validasi orang lain untuk membuatmu merasa berhasil. Upayakan saja kebahagiaanmu sendiri. Dengan cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan dan upayakan sendiri, kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri, dan ini akan membuat hidupmu lebih berwarna dan tidak stagnan.

Semoga ke depannya kamu bisa merangkai kehidupan yang lebih indah dan bermakna lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading