Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Tidak Mencintai Diri Sendiri, Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri artinya belajar untuk percaya diri dan menerima diri apa adanya. Namun, hal ini bisa jadi sulit dilakukan bagi orang yang tidak menghargai dirinya sendiri. Kebanyakan orang yang tidak melakukan self love selalu menuntut dirinya untuk menjadi seperti orang lain, fokus pada standar orang lain, dan sulit untuk menerima kekurangan diri.

Melansir dari Your Tango tidak melakukan self love tentunya memberi dampak buruk seperti depresi dan cemas, sulit mencintai orang lain seutuhnya, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih dalam tanda peringatan bahwa kamu tidak mencintai diri sendiri, simak penjelasan berikut ini.

1. Mengira Pasangan Akan Meninggalkanmu

Selalu merasa bahwa pasangan akan meninggalkanmu dan curiga berselingkuh menjadi salah satu tanda kamu kurang mencintai diri sendiri. Pikiran ini muncul karena dirimu tidak percaya bahwa kamu dicintai sehingga merasa orang terdekat pasti akan meninggalkanmu. Meningkatkan kepercayaan diri dan menerima diri sendiri memudahkanmu merasakan cinta dari orang lain. Hal ini akan membantu menghindarkan pikiran negatif tentang pasangan atau orang terdekat.

2. Merasa Tidak Percaya Diri

Percaya diri adalah pilar penting untuk membangun rasa cinta pada diri sendiri. Saat kamu tidak memiliki sifat ini, artinya kamu juga tidak percaya diri. Hal ini disebabkan karena berpikir dirimu tidak memenuhi standar sehingga muncul rasa tidak percaya diri.

3. Menjadi Pendiam Disekitar Orang

Tidak berani berbicara karena takut akan dihakimi orang lain atau pendapat tidak diterima menjadi tanda kurangnya penerimaan diri. Hal ini disebabkan pola pikir yang membuat standar untuk masuk ke dalam obrolan. Saat dirimu dikelilingi orang yang menurutmu lebih baik, maka kepercayaan diri akan semakin menurun dan tidak berani untuk berbicara.

4. Melakukan Apa yang Orang Lain Lakukan

Mengikuti arus atau gaya orang lain bisa jadi peringatan buruk. Sikap ini bisa disebabkan oleh usaha untuk memenuhi standar orang lain sehingga berusaha sama untuk mendapat pengakuan. Tentunya tiap orang itu berbeda dan kamu berhak menjadi dirimu sendiri tanpa mengikuti tuntutan orang lain.

5. Suka Menyalahkan Diri Sendiri

Saat menghadapi masalah atau musibah, bila kamu cenderung menyalahkan diri sendiri atas keadaan maka ini adalah pertanda kamu tidak menerima diri sendiri. Cobaan datang karena keadaan, bukan kesalahanmu. Namun perasaan akan tanggung jawab dan merasa harus menyelesaikan segala masalah sendirian menciptakan pikiran bahwa dirimu salah dan harus menanggung semuanya sendirian.

Tidak ada orang yang sempurna, namun kamu akan menjadi sempurna saat menjadi diri sendiri. Belajar mencintai diri sendiri artinya mensyukuri apa yang dirimu miliki.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading