Sukses

Lifestyle

5 Ciri Orang Perfeksionis, Kenali Sebelum Salah Bersikap Padanya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang terlahir dengan karakter yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi karakter seseorang. Dan lingkungan memiliki pengaruh yang cukup besar. 

Karakter seseorang mencerminkan bagaimana ia bersikap pada orang lain. Karakter ini juga menentukan bagaimana ia berinteraksi dan bersosialisasi dengan sekitarnya. Bicara mengenai karakter, salah satu karakter yang cukup menarik untuk dibahas adalah perfeksionis. 

Orang-orang dengan karakter ini biasanya memiliki peluang kesuksesan yang lebih besar. Keinginannya untuk menjadi yang terbaik membuatnya pantang menyerah dalam menggapai apa yang ia cita-citakan. Mereka juga cenderung suka diperlakukan istimewa oleh orang-orang di sekitarnya.

Dibandingkan dengan orang lain, mereka yang memiliki karakter perfeksionis cenderung memiliki ciri tersendiri. Mengutip dari laman verywellmind.com, inilah beberapa ciri orang perfeksionis. 

Kritis

Orang yang perfeksionis umumnya sangat kritis. Orang ini biasanya sangat kritis pada diri sendiri pun orang lain. Mereka juga sangat teliti, detail dan banyak maunya. Ketika ia tidak bisa mencapai apa yang diinginkannya, ia akan terus mencari alasan dan penyebab kenapa itu tak tercapai.

Memiliki Pemikiran yang Tajam

Orang-orang yang berkarakter perfeksionis umumnya memiliki pemikiran yang tajam. Orang-orang ini akan menetapkan suatu tujuan dengan tegas dan matang. Mereka juga akan berusaha keras mencapai tujuan tersebut. Bagaimana pun caranya, mereka berusaha sekuat tenaga untuk mencapai apa yang telah ditetapkan dan direncanakan sebelumnya.

Memiliki Standar Tinggi

Mereka yang cenderung memiliki standar tinggi akan segala hal, menunjukkan bahwa ia adalah orang yang perfeksionis. Standar ini bahkan dinilai kurang realistis oleh orang lain. Meski begitu, mereka yang perfeksionis akan berusaha mencapai standar tersebut dengan kerja keras, usaha dan kecerdasan yang ia punya.

Berfokus Pada Hasil

Bagi mereka yang perfeksionis, hasil adalah menentukan segalanya. Mereka cenderung melihat segala sesuatu dari hasil akhir. Ketika hasil yang didapat sesuai harapan, mereka akan merasa puas dan bahagia. Tapi, jika hasil yang didapatkan tak sesuai standarnya, ia akan merasa sangat kecewa, tertekan dan tidak terima.

Takut Gagal

Meski mereka menginginkan segala hal dengan hasil sempurna, mereka sering lupa bahwa tidak semua hal bisa sesuai harapannya. Orang perfeksionis sangat takut jika nantinya ia menuai kegagalan. Salah satu ketakutan terbesar dari diri orang ini adalah kegagalan. 

Itulah sekian ciri dari orang yang perfeksionis. Orang-orang ini umumnya suka berharap lebih ke orang lain. Adakah ciri di atas dalam dirimu Sahabat Fimela? Kalau pun kamu bertemu dengan orang dengan ciri di atas, sebaiknya lebih bijak dalam bersikap dan berperilaku di hadapan mereka. Kesalahan sedikit saja bisa membuat mereka kecewa berat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading