Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Bisa Meredakan Kesedihan yang Ada

Fimela.com, Jakarta Sedang merasa sedih? Sedang berada di fase yang membuatmu merasa terpuruk? Kesedihan yang hadir memang kadang bisa membuat kita kehilangan harapan dalam hidup. Akan tetapi, jangan sampai kesedihan yang ada membuat kita terus tenggelam dalam keterpurukan.

Di dalam dirimu ada hati yang kuat. Ada kekuatan di dalam dirimu yang membuatmu mampu meredakan kesedihan yang ada. Tandanya? Bisa dilihat dari hal-hal berikut ini. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

 

 

1. Bisa Berlapang Dada Menerima Keadaan

Ada keadaan yang perlu diterima dengan lapang dada sebab kita tak punya kendali atau kemampuan untuk mengubahnya. Saat kita bisa belajar dikotomi kendali, maka kita bisa lebih mudah berdamai dengan kesedihan. Mengutip buku Merawat Luka Batin, dikotomi kendali kurang lebih berbunyi seperti ini: "Dalam dunia ini ada sebagian hal yang bisa kita kendalikan dan ada sebagian hal lain yang tidak bisa kita kendalikan." Saat kita bisa menerima dengan lapang dada hal-hal yang tak bisa kita kendalikan, rasa sedih dan tertekan yang kita rasakan bisa berkurang dengan sendirinya.

 

 

2. Mampu Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

Perasaan sedih yang kamu rasakan mungkin terasa cukup kompleks untuk dipahami. Namun, ketika kamu bisa mengendalikan pikiran untuk fokus pada sisi baik dari segala sesuatu, maka kamu bisa meredakan rasa sedih yang ada. Saat pikiran sudah fokus pada hal baik, yakin saja perasaan pun akan ikut membaik.

 

 

3. Bisa Berdamai dengan Rasa Kesepian

Mengutip buku How to Love, kesepian itu ibarat nyeri otot yang muncul setelah olahraga berat. Sedikit tidak enak dan membuat tubuh lesu, tetapi akan pulih seiring waktu dan otot mulai terbentuk. Kesedihan yang dirasakan kadang sering hadir dengan kesepian. Kesepian bisa membuat kita merasa makin terpuruk. Namun, saat dirimu bisa berdamai dengan rasa kesepian, maka kamu pun bisa meredakan rasa sedih dengan lebih mudah.

 

 

4. Tahu Cara Kembali Tersenyum

Sebuah senyuman bisa hadirkan sejuta harapan baru. Kesedihan mungkin membuat wajahmu muram dan berlinang air mata. Sampai ketika kamu sudah bisa kembali tersenyum, maka di situ ada harapan untuk bisa menyambut hari-hari yang lebih indah. Kesedihan yang ada pun bisa mereda dengan sendirinya.

 

 

5. Bisa Fokus Mengatur Napas Lebih Teratur

Atur lagi napasmu. Tarik dan embuskan napas perlahan. Saat dirimu bisa kembali mengatur napas dengan lebih teratur dan perlahan, hati bisa lebih tenang. Rasa sedih pun bisa luntur dan tergantikan dengan perasaan hangat dan nyaman yang mengalir.

Semoga apa pun kesedihan yang sedang kamu alami dan rasakan saat ini bisa segera memudar, ya. Yakin saja masih ada kebaikan dan kebahagiaan baru yang menyambutmu selama kamu bisa berdamai dengan kesedihan yang menghampiri.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading