Sukses

Lifestyle

Mischka dan Devon Dilantik jadi Ikon Prestasi Pancasila Termuda Tampil Kharismatik Pakai Kebaya dan Beskap

Fimela.com, Jakarta Kakak adik peraih 100 medali olimpiade matematika dan sains internasional Mischka dan Devon baru saja dianugerahi Ikon Prestasi Pancasila akhir pekan lalu di Yogyakarta. Ikon Prestasi Pancasila adalah penghargaan pada wujud pribadi, kelompok, komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, baik lewat prestasi nasional maupun internasional. 

Tahun ini, Gelaran yang diadakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan anugerah Ikon Prestasi Pancasila pada 45 orang atau komunitas atau kelompok. Yang terbagi menjadi 5 kategori, di antaranya tokoh sains dan teknologi. 

Mischka dan Devon sendiri mendapat gelar Ikon Prestasi Pancasila termuda dari seluruh tokoh yang terpilih selama ini atas prestasinya di bidang Matematika dan Sains Internasional. Selain prestasi mereka dalam olimpiade dunia, Mischka dan Devon juga dikenal sebagai sosok inspiratif muda yang rutin mengadatakan kunjungan ke sekolah-sekolah di Indonesia untuk memberikan bimbingan belajar dan program penguatan literasi profil Pancasila. 

Ikon Prestasi Pancasila Termuda

Mischka dan Devon terlihat memilih busana nasional kebaya dan jas tutup atau beskap saat menerima penghargaan di Puncak Acara Malam Penganugerahan yang digelar di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Dalam gelaran yang disiarkan lewat jaringan TVRI, keduanya tampil kharismatik dalam kebaya biru dan beskap hitam dengan kain batik senada kombinasi warna abu-abu dan biru. 

Mischka dan Devon juga ikut meramaikan Kirab Pancasila dengan selempang Ikon Prestasi Pancasila yang menjadi acara puncaknya. Tidak hanya melibatkan arak-arakan bagi peraih Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022, tetapi juga segenap unsur masyarakat dalam balutan festival seni budaya.

Sebagai peraih Ikon Prestasi Pancasila, Mischka dan Devon diharapkan Ikon bisa menjadi contoh dan bagi semua lapisan masyarakat dan lingkungan sekitar. Serta dapat menjadi mitra strategis bagi BPIP dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya.

Proses Seleksi Ketat

Sebagai informasi, kegiatan tahunan ini diadakan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia. Selain melalui proses yang ketat dalam penjaringan, seleksi oleh Tim Juri yang independent dan kapabel, serta kesediaan menandatangani Pakta Integritas, para kandidat peraih Ikon Prestasi Pancasila tersebut juga harus memiliki rekam jejak yang positif, memiliki prestasi atau karya yang inovatif dan inspiratif, diakui oleh masyarakat, bangsa, dan negara dan/atau internasional.

Tahun 2022 ini, penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila dilangsungkan secara offline dengan memilih tokoh-tokoh Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman, yang mencerminkan semangat perjuangan atau elan Manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada tanah air Indonesia.

What's On Fimela
Loading