Sukses

Lifestyle

Mencari Cuan dari Fenomena TikTok Shop, Mulai dari Penjual, Pembeli, dan Content Creator

Fimela.com, Jakarta TikTok Shop menjadi fenomena baru dalam industri e-commerce di Indonesia. Harga yang relatif terjangkau dan gratis ongkos kirim, membuat TikTok Shop memiliki daya tarik tersendiri.

Belum lagi dengan pembawaan entertainment yang disuguhkan dari setiap brand saat mempromosikan produknya. Fenomena TikTok Shop ini menjadi salah satu upaya sebagai sarana untuk menarik minat pelanggan serta memudahkan para pengguna TikTok untuk dapat berjualan maupun membeli kebutuhan sehari–hari.

Selain itu, TikTok yang saat ini dikenal dengan aplikasi dengan banyak pengguna dari seluruh dunia tentu juga memiliki peluang penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan fitur ini dan membuka toko online di TikTok Shop, bisnis cenderung memiliki potensi penjualan yang relatif tinggi. Mengingat TikTok adalah salah satu aplikasi yang banyak digandrungi.

 

Cara baru menawarkan produk

Seperti halnya di e-commerce yang lainnya, TikTok Shop juga menawarkan berbagai produk dan merek yang dapat dipilih oleh pengguna, mulai dari kosmetik, skincare, fashion, peralatan dapur, peralatan mandi, hingga peralatan olahraga. Tak hanya itu saja, pembeli juga bisa mendapatkan promo serta hadiah menarik yang ditawarkan oleh masing-masing brand yang ada di TikTok Shop.

Para penjual atau kreator di TikTok biasanya akan menawarkan produk yang mereka jual melalui konten video dan siaran langsung. Konten-konten tersebut bisa berisikan informasi mengenai review produk, cara penggunaan produk, rekomendasi produk kelebihan produk, manfaat produk, sistem penjualan dan lain-lain untuk meningkatkan brand awareness.

Pasalnya, brand awareness sangatlah berperan penting dalam sebuah bisnis, karena nantinya akan menjadi kunci strategi pemasaran bagi bisnis. Terlebih di platform TikTok konten-konten bisa viral dan mendapatkan banyak penonton dengan memanfaatkan hashtag, sehingga membuat konten yang menarik akan sangat berpengaruh.

 

Meningkatkan brand awareness

Selain itu, TikTok juga menyediakan fitur TikTok Ads Manager untuk meningkatkan brand awareness agar dapat menjangkau target audiens dan mendapatkan hasil penjualan yang cukup cepat. Namun, sebelum bisa membuka toko di TikTok Shop terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pebisnis yang ingin memanfaatkan fitur ini.

Beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum bisa menjadi merchant di TikTok Shop diantaranya adalah mematuhi ketentuan umum, menyetujui kebijakan privasi, mengikuti perubahan terhadap ketentuan, mematuhi aturan pengaksesan dan penggunaan layanan dan lain sebagainya.

Melihat semakin meningkatnya permintaan akan kebutuhan alat olahraga, SPEEDS HOMESTYLE yang merupakan salah satu brand olahraga terkenal juga mulai memperluas bisnisnya melalui akun TikTok Shop resminya @speedshomestyle.

 

Konten produk hingga edukasi

Melalui berbagai konten menarik, SPEEDS memasarkan berbagai produk alat olahraga, alat rumah tangga, dan mainan edukasi anak serta menawarkan diskon mulai dari 10% hingga 50% di setiap produk setiap harinya. Namun, tidak hanya tentang penjualan produk, SPEEDS juga memberikan edukasi seputar dunia olahraga.

“Dengan berbelanja melalui TikTok Shop akun kami SPEEDS HOMESTYLE pembeli akan mendapatkan banyak voucher potongan dan subsidi ongkos kirim untuk seluruh indonesia,” kata Risma selaku Marketing Manager SPEEDS HOMESTYLE.

 

Program afiliator

Disamping itu, SPEEDS menawarkan tiga cara berbelanja kepada konsumen yakni melalui Beranda Seller, Live Streaming, dan dari tautan yang disediakan oleh Afiliator. Melalui program affiliate, SPEEDS juga berbagi keuntungan sebesar 10% per produknya kepada konten kreator yang ingin bekerjasama.

“Inovasi kedepannya dalam platform TikTok Shop SPEEDS akan memperluas koneksi affiliasi dengan banyak KOL,” ujar Risma.

“Serta membuat live streaming TikTok menjadi 24 jam full.” tutup Risma.

Banyaknya pengguna TikTok menjadi pasar yang menjanjikan untuk produk Speeds, hal ini dibuktikan dengan telah terjualnya produk speeds sebanyak 900.000 lebih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading