Sukses

Lifestyle

Penyebab Ibu Hamil Cepat Lelah dan Mudah Lemas

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan terkadang karena saat diinginkan, hal tersebut terus dipikirkan bahkan hingga terbawa ke dalam mimpi. Oleh karena itu, kehamilan atau kedatangan buah hati ke dunia sering dianggap sebagai suatu rezeki bagi pasangan suami istri.

Meskipun menyenangkan, namun di dalam proses kehamilan ada banyak hal yang harus dialami oleh seorang wanita. Baik itu merasa pegal-pegal, sering buang air kecil bahkan merasa letih, lelah dan selalu lemas. Apakah hal tersebut wajar?

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab ibu hamil lemas. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Ibu Hamil Lemas

1. Perubahan Hormon

Selama kehamilan kadar progesteron menjadi sangat tinggi. Ini kadang-kadang dapat berkontribusi terhadap kelelahan, kantuk berlebih dan rasa lemas. Peningkatan hormon HCG secara drastis inilah menyebabkan sistem kekebalan tubuh jadi melemah.

2. Perubahan emosional

Faktor emosi sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas. Ada beragam hal yang biasanya menjadi hal yang dicemaskan ibu hamil, termasuk kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, hingga perasaannya tentang kehamilan tersebut. Ibu hamil perlu mengatasinya agar tidak berlanjut menjadi depresi.

3. Mual dan muntah

Meski sering disebut morning sickness, namun sebenarnya mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Banyak energi yang terkuras saat ibu hamil merasakan mual dan muntah, sehingga memungkinkan ibu hamil merasa kurang bergairah dalam beraktivitas.

 

Penyebab Lainnya Ibu Hamil Merasa Lemas

4. Anemia

Jangan cepat-cepat menganggap ibu hamil malas. Bisa jadi lelah yang dirasakan ibu hamil terkait dengan anemia defisiensi zat besi. Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter perlu melakukan tes darah. Umumnya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, ataupun awal trimester ketiga.

5. Penambahan berat badan

Terutama pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil akan lebih sering merasa kelelahan. Hanya saja, saat ini alasannya karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan ibu. Hal ini dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil, yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

Ternyata rasa lemas yang dirasakan ibu hamil sebenarnya bukan karena ia malas, tapi karena beberapa hal. Kamu tetap harus waspada dan rutin konsultasi ke dokter ya, agar selalu sesuatunya bisa langsung diketahui dan teratasi bila ada yang tidak beres.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading