Sukses

Lifestyle

Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menambah Berat Badan Secara Sehat

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara menentukan kesehatan tubuh seseorang adalah dengan mengetahui apakah berat badannya ideal atau tidak. Berat badan yang berlebih bisa menandakan kalau tubuhnya tidak sehat dan bisa jadi pemicu munculnya berbagai penyakit.

Tidak hanya berat badan yang berlebih saja, namun berat badan yang kurang juga bisa menandakan kalau tubuhnya tidak sehat. Tubuh yang terlalu kurus tidak bisa menjadi penanda kalau tubuhnya sehat. Bisa juga memicu timbulnya penyakit.

Oleh karena itu, yang paling baik adalah berat badan ideal. Nah kalau berat badanmu masih jauh dari ideal atau terlalu kurus, maka kamu harus menambah berat badan. Namun menambah berat badan tidak bisa sembarangan. Kamu tetap harus melakukannya dengan cara yang sehat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat

1. Konsumsi Camilan yang Sehat

Dengan dianjurkan makan lebih sering bukan berarti kamu harus makan nasi dan lauknya lima kali atau lebih dalam sehari. Kamu bisa menyediakan cemilan sehat seperti buah-buahan di meja kerja agar mudah dijangkau. Jadi, tidak ada alasan lupa makan.

Kamu juga bisa pilih makanan lain yang tinggi nutrisi, seperti kacang kedelai. Namun alangkah baiknya jika kamu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak untuk mengurangi kadar kolesterol.

2. Konsumsi Susu

Cara menggemukkan badan secara alami salah satunya juga bisa dengan mengonsumsi susu. Jika tidak terbiasa minum susu, cobalah konsumsi susu dari rasa terfavorit kamu dahulu. Jangan lupa juga letakkan di meja kerja supaya tidak lupa diminum saat sela-sela bekerja.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi olahan susu seperti yogurt, puding, dan es krim. Jika tak ingin mengonsumsinya sebagai camilan, kamu bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang atau sarapan.

3. Wajib Sarapan

Jangan sampai melewatkan sarapan. Selain bisa membuatmu gemuk secara alami, sarapan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulailah dengan sarapan lezat dan sehat.

Misalnya, sarapan dengan satu atau dua potong roti gandum panggang dengan selai kacang alami yang padat kalori serta tinggi lemak dan protein. Menambah sarapan dengan segelas susu juga bisa menjadi cara menaikkan berat badan yang baik.

Pilihlah segelas susu murni untuk tambahan protein, kalsium, dan vitamin D. Hindari jus tinggi gula atau soda. Minuman tinggi gula tambahan malah akan meningkatkan risiko penyakit kronis.

4. Pilih Jenis Makanan yang Padat Gizi

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Memang makan makanan instan dan junk food bisa menaikkan berat badanmu dengan cepat, tapi hal tersebut bukan cara yang sehat.

Kandungan lemak trans dan gula di makanan instan dapat meningkatkan kolesterol jahat serta menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, pilihlah makanan padat gizi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak menyehatkan, serta protein. Beberapa di antaranya, roti gandum utuh dengan sayuran, daging rendah lemak, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

5. Makan Lebih Sering

Cara menggemukkan badan yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan meningkatkan asupan kalori dengan makan lebih sering dari biasanya. Hal ini dilakukan untuk mendukung tujuan penambahan berat badan kamu.

Misal, jika sebelumnya kamu rutin makan tiga kali sehari, kamu bisa menambah intensitas makan yang lebih sering dengan mengubahnya menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih sering.

Makan dengan porsi sedikit dan sering dinilai lebih efektif menambah berat badan dibanding makan dengan porsi banyak namun jarang. Sebab, biasanya orang bertubuh kurus cenderung lebih cepat merasa kenyang.

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Intensitas makan yang tinggi adalah kunci utama untuk menambah berat badan, tetapi kamu juga perlu memperhatikan jumlah protein pada makanan yang dikonsumsi. Protein adalah salah satu asupan terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama massa tanpa lemak yang biasanya diperlukan untuk menambah massa otot.

Otot terbentuk dari kontribusi protein dan tanpa adanya protein sebagian besar kalori mungkin akan berakhir menjadi lemak tubuh. Jika kamu ingin menambah berat badan, targetkan 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan.

Target tersebut bisa lebih jika asupan kalori sangat tinggi. Jenis makanan berprotein tinggi yang bisa kamu coba adalah daging, ikan, telur, produk susu, polong-polongan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

7. Penuhi Asupan Karbohidrat dan Lemak

Bagi sebagian orang yang mencoba menurunkan berat badan biasanya akan membatasi asupan karbohidrat atau lemak. Namun, pilihan ini tidak berlaku bagi kamu yang ingin menambah berat badan.

Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi lemak dapat membantu menambah berat badan kamu secara alami. Dengan begitu kamu akan dengan mudah mendapatkan kalori yang cukup untuk menambah berat badan.

Pastikan penuhi asupan karbohidrat dan lemak kamu dengan makan setidaknya tiga kali sehari dan tambahkan camilan padat energi sebagai asupan pendukung. 

8. Masak dengan Lemak Sehat

Salah satu cara paling sederhana untuk menambah berat badan adalah menambahkan kalori ekstra ke makanan dengan memasak menggunakan lemak sehat.

Lemak adalah nutrisi makro yang paling padat kalori. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memasak makanan kamu dengan menggunakan lemak sehat seperti minyak tertentu.

Seperti minyak zaitun dan minyak biji rami yang sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan jantung.  

9. Konsumsi Banyak Air Putih

Tak hanya baik bagi kesehatan, ternyata mengonsumsi banyak air putih juga menjadi salah satu cara menggemukkan berat badan secara alami dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh dengan baik.

Atur pola konsumsi air putih setiap harinya, mulai dari pagi setelah bangun tidur, siang, sore dan juga malam hari.

Menurut beberapa ahli, idealnya kebutuhan cairan di dalam tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih sehari.

10. Hindari Minum Sebelum Makan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mengonsumsi air putih yang cukup menjadi salah satu cara menambah berat badan. Namun, ada beberapa aturan yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi air putih, lho.

Pastikan kamu menghindari minum air putih sebelum makan agar perut tidak merasa kenyang terlebih dahulu sehingga nafsu makan akan berkurang. Minum 30 menit setelah selesai makan bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan yang bisa coba kamu terapkan.

Mengonsumsi air putih sebelum makan lebih dianjurkan bagi mereka yang sedang melakukan penurunan berat badan karena dapat menghindari nafsu makan yang terlalu besar.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan berat badan demi mencapai berat yang ideal. Memang terlihat tidak mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Selamat mencoba, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading