Sukses

Lifestyle

Kamu Orang yang Pemalu? Ini 5 Cara Mudah Akrab dengan Orang Baru

Fimela.com, Jakarta Bertemu dan kenal dengan orang baru bukanlah hal yang asing untuk dilakukan. Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah akrab dan menjalin hubungan pertemanan. Bagi orang yang pemalu, membuka diri untuk akrab dengan orang yang baru ditemui adalah hal yang sulit. Bingung memulai percakapan, takut salah bicara, bahkan merasa tidak nyaman adalah hal yang menjadi kendala utama.

Melansir dari Self, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mudah akrab dengan orang lain. Tentunya tips ini sangat cocok untukmu yang pemalu. Berikut penjelasannya.

1. Letakkan Ponsel dan Cobalah Menjadi Orang yang Mudah Didekati

Pada zaman modern saat ini, ponsel menjadi penghalang orang untuk bersosialisasi. Saat dalam situasi berkumpul dengan orang lain, letakkan ponselmu dan cobalah untuk terbuka dengan obrolan. Terus memegang ponsel akan membuat orang sekitar menganggapmu sibuk. Hindari benda yang memberi distraksi dan ikutlah tenggelam dalam obrolan bersama orang lain.

2. Sering Mengikuti Kegiatan Sosial

Menghabiskan banyak waktu di rumah sendirian akan membuat kemampuan sosialmu menurun. Cobalah untuk masuk ke lingkungan sosial untuk membiasakan diri bersosialisasi dengan orang lain. Semakin banyak menghabiskan waktu dengan orang, semakin banyak kesempatan untuk memicu percakapan. Saat mulai akrab dengan suatu kelompok, ajaklah untuk bertemu satu per satu. Pendekatan individu mungkin lebih mudah untukmu menjadi akrab dengan orang baru.

3. Mulailah Perlahan dan Luangkan Waktu untuk Mengenal Orang Lebih Dalam

Orang yang pemalu dan pendiam biasanya butuh waktu lebih lama untuk bersikap hangat dan terbuka dengan orang baru. Tidak masalah, nikmatilah proses untuk mengenal orang baru. Pendekatan dapat dimulai dari obrolan ringan yang meningkat menjadi percakapan yang lebih dalam. Hal ini dapat membantumu memastikan bahwa kamu mengenal orang yang tepat sebelum menjadi teman sejati.

4. Banyak Berbincang dengan Orang

Orang yang pemalu sering memiliki kecemasan akan keterampilan sosial mereka. Untuk membangun, memperkuat, dan meningkatkan keterampilan sosial yang perlu dilakukan adalah sering berlatih. Hal ini dapat dilakukan dengan berani menyapa orang lain lebih dulu, mulai basa-basi, dan lain sebagainya. Setiap interaksi membantumu membangun kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Lebih sering dilatih akan membuat keterampilan sosial tumbuh dengan alami.

5. Ikuti Minat untuk Mendapat Teman Baru

Hobi, kebiasaan, minat, hingga hal yang disukai dapat menjadi dasar untuk hubungan pertemanan yang bermanfaat. Penelitian menunjukkan bahwa persahabatan sering berkembang di antara orang-orang yang memiliki minat atau nilai yang sama. Jika ingin mendapat teman baru dengan minat yang sama, mulailah masuk pada komunitas atau aktivitas lain yang berhubungan dengan minatmu. Mulailah percakapan dengan orang sekitar untuk membuat pertemanan baru.

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda, dan menjadi pemalu bukanlah kekurangan. Temukan caramu sendiri untuk menjalin keakraban dengan orang baru.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading