Sukses

Lifestyle

5 Perilaku yang dapat Gambarkan Kondisi Psikologis Seseorang

Fimela.com, Jakarta Bukan hal yang mudah bagi kita untuk menebak kondisi psikologis orang-orang disekitar kita. Pasalnya banyak dari mereka yang menyembunyikan perasaannya yang sebenarnya dan berpura-bura baik-baik saja. 

Namun tahukah kamu dalam psikologi, ada beberapa hal yang bisa kita amati dari seseorang untuk menebak bagaimana kondisi psikologisnya. Salah satunya adalah dengan melihat perilakunya. Berikut adalah 5 perilaku yang dapat gambarkan kondisi psikologis seseorang.

1. Mudah tertawa bahkan untuk hal-hal yang sepele menandakan bahwa ia sedang kesepian

Adakah orang disekitarmu yang mudah tertawa karena hal-hal sepele yang bahkan menurut sebagain orang sama sekali tidak lucu? Hal ini tidak selamanya menggambarkan kalau mereka sedang bahagia, bahkan sebaliknya, bisa jadi mereka sedang menyembunyikan kesedihannya dibalik tawanya. Banyak orang berkata bahwa dibalik canda tawa orang seorang yang gemar menghibur orang lain ada kesedihan yang mendalam dihatinya.

Ketika seseorang mudah sekali tertawa pada hal-hal yang menurut orang lain tidak lucu atau biasa saja menandakan bahwa ia sedang sangat butuh orang lain. Tawanya adalah cara dia menutupi rasa kesepiannya. Tertawa terbahak-bahak adalah sebuah cara untuknya untuk melepaskan emosi dalam jiwanya.

2. Terlalu banyak tidur merupakan pertanda bahwa seseorang sedang merasakan kesedihan

Tidak semua orang yang banyak menghabiskan waktunya untuk tidur adalah orang yang gemar bermalas-malasan. Beberapa dari mereka yang tidur terlalu banyak adalah orang-orang yang sedang merasakan kesedihan.

Ia mengalihkan kesedihan yang sedang ia rasakan dengan mengurung diri di kamar dan tidur. Tidur merupakan cara untuk mereka melupakan sekejap masalah yang sedang mereka hadapi dan kesedihan yang sedang mereka rasakan.

3. Tak bisa menangis adalah tanda bahwa seseorang itu lemah

Saat seseorang merasakan kesedihan, mereka biasanya mengekpresikan rasa sedihnya dengan sebuah tangisan. Namun ada beberapa orang yang tidak bisa menangis untuk mengekspresikan kesedihannya. Mereka bukan berafrti orang yang kuat dan tidak cengeng, justru sebaliknya, mereka adalah orang yang lemah. Mereka lemah karena tidak dapat mengeluarkan emosi yang seharusnya mereka keluarkan dan ekspresikan. Mereka sebenarnya adalah orang-orang yang butuh bantuan untuk mengenali perasaannya.

4. Orang yang mudah menangis adalah orang yang memiliki hati yang lembut

Bertolak belakang dengan poin sebelumnya, orang yang mudah menangis bahkan terhadap hal-hal kecil menandakan bahwa orang itu memiliki hati yang lembut. Mereka sangat sensitif pada hal-hal yang menyangkut perasaan. Mereka adalah orang-orang yang sangat lugu yang mengharapkan dunia yang cinta damai tanpa adanya kesedihan.

5. Seseorang yang mudah marah menandakan bahwa ia butuh cinta

Perilaku lainnya yang bisa menggambar kondisi pskologis seseorang adalah ia yang mudah sekali marah bahkan terhadap hal-hal yang sepele sebenarnya menunjukkan bahwa ia membutuhkan cinta. Ia sebenarnya sangat membutuhkan dan mengharapkan kehadiran seseorang yang bisa memberinya kasih sayang. Cinta dan kasih sayang dapat melunakkan hatinya dan meredam semua amarahnya.

Itulah beberapa perilaku yang bisa menggambarkan kondisi psikologis orang lain. Apakah kamu sedang atau pernah mengalami salah satu tanda-tanda diatas? 

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading