Sukses

Lifestyle

7 Hobi Sederhana yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Peningkatan kesadaran akan kesehatan tak berhenti pada kesahatan fisik, banyak orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental sangat penting karena dengan mental yang sehat manusia dapat berfungsi dengan baik secara emosional, psikologis, dan sosial. Selain itu kesehatan mental juga mempengaruhi seseorang dalam berfikir, merasa, dan bertindak.

Kesehatan mental juga berdampak pada kesehatan fisik. Ada sebuah semboyan populer, men sana in corpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan ini menandakan bahwa kesehatan fisik dan kesehatan mental saling berkaitan. Dengan mental yang sehat maka seseorang akan lebih mudah untuk menjaga kesehatan fisiknya. Sebaliknya kondisi kesehatan mental yang buruk akan berdambak negatif pada kesehatan fisik.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan melakoni sebuah hobi. Hobi tak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang kamu sukai namun juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres agar kesehatan mental tetap terjaga.

Berikut merupakan tujuh hobi sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

1. Journaling

Salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan mental adalah journaling. Journaling adalah sebuah kegiatan untuk menumpahkan buah pikiran, perasaan, emosi, dan ide-ide yang berkaitan dengan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan. Journaling dapat membantu kamu menurunkan tingkat stres. Dilansir dari laman healthline beberapa penelitian melaporkan bahwa adanya penurunan tingkat stres setelah seseorang rutin menyelesaikan latihan penjurnalan.

Untuk memulai journaling kamu bisa menuliskan kegiatan apa saja yang kamu lakukan dalam sehari. Kamu juga bisa menuliskan perasaan apa saja yang kamu rasakan selama seharian. Selain itu kamu juga bisa menuliskan hal-hal yang kamu syukuri setiap hari.

2. Memasak

Memasak merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang setiap harinya. Namun bukan hanya sekedar rutinitas harian, memasak juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Dilansir dari laman Very Well Mind memasak dapat meningkatkan kreatifitas. Memasukkan aktivitas kreatif ke dalam rutinitas harian dapat secara signifikan meningkatkan suasana hati. Selain itu memasak juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan memasak kamu bisa menghasilkan sesuatu yang nyata yang dapat dinikmati oleh dirimu sendiri dan orang lain. Hal itu akan menimbulkan rasa puas pada diri sendiri sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

3. Melukis

Kegiatan melukis ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mentalmu. Dikutip dari laman Pinot and Picasso melukis dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan mental. Melukis memungkinkanmu untuk lebih mudah mengelola dan mengatur emosi, serta menangani tekanan psikologis. Banyak terapis dan psikiater bahkan menggunakan aktivitas melukis dalam perawatan mereka. Peneliti kesehatan mental, Dorien Eising, menemukan bahwa melukis dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan stres.

4. Berenang

Melakukan aktivitas fisik memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mentalmu. Salah satu kegiatan fisik yang dapat kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mentalmu adalah berenang. Dilansir dari laman bupa.co.uk berenang dapat melepaskan hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih baik. Berenang dapat membantumu mengurangi stress, meningkatkan mood, dan membuatmu merasa lebih bahagia. Selain itu berenang juga merupakan aktivitas yang menyegarkan yang dapat membuatmu lebih rileks.

5. Menari

Menggerakkan tubuh sambil diiringi alunan musik membuat menari menjadi salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan. Tak hanya menyenangkan ternyata aktivitas ini dapat membantumu menjaga kesehatan mental. Menari bisa menjadi pilihan hobi untuk kamu yang tidak terlalu menyukai aktivitas fisik yang berat dan kurang mengasyikkan. Dengan menari kamu tetap bisa aktif secara fisik serta dapat membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Menari juga dapat membuatmu teralihkan dari pikiran negatif dan kecemasan.

6. Mendengarkan atau Bermain Musik

Kamu pasti memiliki lagu kesukaan atau genre musik favorit untuk menemanimu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain menamanimu dalam menjalani aktivitas sehari-hari musik juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan mental. Mendengarkan atau bermain musik dapat menghibur dan meningkatkan suasana hati. Musik juga dapat membantumu untuk memproses dan mengekspresikan perasaan yang kamu alami. Dengan mendengarkan atau bermain musik dapat membantumu melepaskan stres dan perasaan cemas yang kamu alami.

7. Berkebun

Berkebun bisa kamu jadikan pilihan hobi untuk menjaga kesehatan mentalmu. Dengan berkebun kamu akan sering bersentuhan dengan tanah. Dilansir dari laman gardening know how tanah mengandung antidepresan alami yaitu Mycobacterium vaccae yang merupakan bakteri dalam tanah yang dapat merangsang produksi serotonin, yang membuat kamu rileks dan bahagia. Selain itu memusatkan perhatianmu dengan berkebun dapat membuatmu teralihkan dari pikiran negatif dan kecemasan.

Itulah tujuh hobi sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Sesibuk apapun kamu ada baiknya luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan agar kesehatan mentalmu terjaga.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading