Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Jaga Kelestarian Alam, Kemala Home Living Gunakan O2O Moka sebagai Penunjang Bisnis Berkelajutan

Fimela.com, Jakarta Menjaga kelestarian alam dan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, tak terkecuali para pelaku bisnis. Bisnis berkelanjutan tidak hanya berorientasi pada profit, melainkan memerhatikan dampak yang ditimbulkan dalam menjalankan operasional bisnis. Salah satu pelaku usaha yang menerapkan prinsip berkelanjutan adalah Kemala Home Living.

Kemala Home Living merupakan salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang kriya dan aksesoris rumah Indonesia. Bisnis ini didirikan pada tahun 2014 oleh Dian Elvira Rosa (Dian) dengan menggunakan nama Kemala yang terinspirasi dari nama nenek dia yang merupakan seorang perempuan tangguh yang sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Tak hanya itu, nama Kemala juga dipilih karena unik dan klasik, sesuai dengan konsep bisnis yang dijalankan oleh Dian yaitu berfokus pada keindahan dan kualitas. Menurutnya, 

Nama Kemala dipilih juga karena dinilai unik dan klasik, sesuai dengan konsep bisnis yang berfokus pada keindahan dan kualitas terbaik. 

Saat awal pembukaan, seluruh proses produksi hingga pemasaran dilakukan oleh Dian dan suami. Kemudian, pada tahun 2018, Ia dibantu oleh enam orang karyawan dan mitra bisnis untuk membesarkan Kemala Home Living. Saat ini Kemala Home Living tidak hanya bergantung pada penjualan daring, melainkan membuka toko fisik yang berlokasi di Jalan Benda No. 54 A, Kemang, Jakarta Selatan.

Gunakan solusi dari GoTo

Bagi Sahabat Fimela yang belum tahu, Kemala Home Livinf juga berperan sebagai pemasok produk aksesoris rumahan ke berbagai pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia. Dalam memastika  operasional usaha berjalan dengan lancar, Kemala Home Living menggunakan solusi bisnis dari GoTo yaitu platform penunjang bisnis O2O Moka. Sistem yang dimiliki Moka ini membantu Kemala Home Living, termasuk menghindari adanya human error dan memudahkan koordinasi internal antar tim.

Dian Elvira Rosa, selaku pemilik Kemala Home Living mengungkapkan bahwa seiring bertumbuhnya bisnis, kesulitan dalam mengelola sistem operasional pun dapat meningkat. Oleh sebab itu, dirinya memilih untuk menggunakan aplikasi Moka karena dapat memudahkan operasional bisnis, baik dari transaksi hingga penyediaan laporan penjualan.

“Setelah menggunakan Moka pada tahun 2018, omzet kami meningkat lebih dari 100 persen di tahun berikutnya,” jelas Dian.

Moka merupakan salah satu bagian dari Grup GoTo yang tidak hanya memberikan kemudahan operasional secara digital bagi para pelaku bisnis, melainkan mendukung bisnis berkelanjutan melalui komitmen untuk mewujudkan the Three Zeros (Tiga Nol) seperti:

  • Zero Emissions (Nol Emisi Karbon)
  • Zero Waste (Nol Sampah)
  • Zero Barriers (Nol Hambatan)

Produk ramah lingkungan

Dalam mengembangkan produk yang dijual, Dian juga selalu mengutamakan daya tahan, kulitas, dan material yang ramah lingkungan. Oleh sebab itu, saat ini produk material kayu dari Kemala Home Living 100 persen menggunakan kayu Perhutani yang pengelolaannya menggunakan sistem sustainable forest management dan bersertifikan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). 

Tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberlangsungan, Dian juga berpendapat dengan mengedukasi dan menanamkan nilai-nilai sustainability kepada karyawan menjadi hal penting sekaligus menantang karena kedasaran akan keberlangsung berasal dari diri masing-masing.

“Menurut aku, mengedukasi sustainability ini harus terus-menerus supaya mereka tidak overwhelmed. Memang menanamkan nilai ini ke karyawan cukup sulit. Misalnya ketika berganti pengemasan untuk mengurangi pemakaian plastik, barang pecah belah menjadi lebih rentan pecah. 

Selain itu, Dian juga berpesan bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis harus memahami nilai dari dari bisnis yang dijalankan dengan membuat perencanaan. Hal tersebut dilakukan karena menurutnya tidak ada bisnis yang tumbuh tanpa direncana, sehingga selalu mencatat keuangan untuk menentukan keputusan usaha nantinya.

 

Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading