Sukses

Lifestyle

Doa untuk Kedua Orang Tua, Biasakan Si Kecil Membacanya Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Sejak usia buah hati sedini mungkin, pastikan untuk mengajarkan segala kebaikan untuknya. Kebaikan ini tak hanya tentang perbuatan tetapi juga sikapnya. Mom bisa mengajarkan banyak kebaikan pada si kecil sejak usianya sedini mungkin. Semakin dini buah hati diajarkan kebaikan, hal ini akan menjadi kebiasaannya hingga ia dewasa kelak. 

Salah satu kebaikan yang bisa diajarkan dan dibiasakan pada si kecil sejak usianya sedini mungkin adalah berdoa. Ajari anak untuk berdoa meminta segala kebaikan dari Sang Pencipta. Doa untuk kedua orang tua adalah doa yang penting untuk diajarkan pada si kecil. Sebab dalam semua agama khususnya Islam, orang tua memiliki peran penting dalam kehidupan anak. Orang tua adalah madrasah atau sekolah pertama untuk anak. 

Lantas, bagaimana doa untuk kedua orang tua?

Doa untuk Kedua Orang Tua

Berikut doa kedua orang tua yang bisa diajarkan ke anak.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Alangkah lebih baik, jika doa ini dibiasakan untuk dibaca anak. Membiasakan anak membaca doa ini, akan membuatnya terus memiliki kebiasaan baik hingga ia dewasa kelak. Dalam Islam, doa anak untuk kedua orang tua tidak akan pernah putus. 

Diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara. Yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR Muslim).

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Allah SWt mencintai hamba-hambaNya yang rendah hati, sabar, senantiasa berdoa dan berdizkir padanya. Allah juga mencintai hambaNya yang berbakti kepada kedua orangtuanya. Semakin banyak seseorang berdoa dan berbakti kepada kedua orang tua, akan semakin besar kesempatan doa-doanya terkabulkan. Selain itu, ada beberapa waktu di mana sangat mustajab untuk berdoa. Adapun waktu-waktu tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Berdoa di hari Jumat. 
  • Saat berpuasa dan waktu berbuka puasa. 
  • Setelah mendirikan salat fardhu. 
  • Berdoa di sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir terjadi antara pukul 02.00 dini hari menjelang waktu subuh.
  • Berdoa di antara waktu adzan dan iqamah.
  • Ketika melaksanakan sujud di dalam salat. 
  • Berdoa di malam Lailatul Qadar, di bulan Ramadan. 
  • Berdoa ketika turun hujan. 

Itulah sekilas mengenai doa kedua orang tua dan kapan waktu paling mustajab untuk memanjatkannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading