Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kurang tidur di malam hari dapat membuatmu mudah lesu keesokan harinya. Seiring waktu, tidak cukup tidur dapat memengaruhi kesehatanmu. Untuk kesehatan, mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting. Pada kenyataannya, sama pentingnya untuk diet sehat dan olahraga. Ketika kamu tidak cukup tidur, kamu tahu rasanya enak. Tetapi kamu mungkin tidak menyadari seberapa banyak efeknya.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat waktu tidur yang cukup untuk kesehatan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Intinya, baik imunitas bawaan maupun adaptif dipengaruhi oleh tidur. Sel-sel kekebalan dan proteinmu akan lebih mampu menangkis penyakit seperti flu dan pilek ketika tubuhmu mendapatkan istirahat yang dibutuhkan untuk berfungsi.

2. Membantu Mencegah Mengalami Obesitas

Kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur menurunkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme adalah bagaimana tubuh mengubah kalori menjadi energi. Menurut penelitian, kurang tidur menyebabkan metabolisme tubuh berfungsi kurang efisien sehingga menyebabkan energi ekstra yang tidak terpakai disimpan sebagai lemak. Selain itu, mendapatkan kualitas tidur yang cukup membuatmu lebih mudah berolahraga.

3. Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Menurut penelitian, orang yang kurang tidur mengalami tingkat emosi negatif yang lebih tinggi seperti sering marah, iritasi, ketidaksabaran, dan melankolis. Peningkatan tidur meningkatkan memori, pemahaman, dan pembelajaran. Karena kelelahan, orang yang kurang tidur juga cenderung kurang berolahraga, makan sehat, atau menikmati aktivitas santai.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tubuh sering memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Kulitmu memulihkan kolagennya dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV saat kamu tidur, yang membantu mencegah keriput dan penuaan dini. Untuk alasan ini, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak.

5. Membuat Jantung Lebih Sehat

Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme dalam beberapa cara, termasuk fluktuasi gula darah. Tekanan darah turun saat kamu tidur, membuat jantung dan pembuluh darahmu sedikit istirahat. Tekanan darahmu akan meningkat untuk jangka waktu yang lebih lama selama siklus 24 jam semakin sedikit tidur yang kamu dapatkan. Sistem kekebalan dan jantungmu sama-sama membutuhkan istirahat agar dapat bekerja secara efektif.

Sekian beberapa manfaat ketika kamu memiliki cukup waktu untuk tidur. Pastikan memiiki rutinitas yang membantumu memiliki waktu tidur yang lebih baik. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading