Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Memuntahkan Kembali Makanan yang Dimakannya

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba kucing muntah makanan?

Ternyata ada hal yang menyebabkan kucing muntah makanan. Berikut penyebab kucing muntah makanan serta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Kucing Muntah Makanan

1. Terlalu banyak makan

Saat melihat makanan dengan porsi yang banyak, biasanya kucing akan terlalu bersemangat dan menghabiskan semua makanannya. Karena terlalu bersemangat atau terlalu lapar, kucing jadi tidak tahu kapan harus berhenti makan, padahal perutnya sudah penuh. Akibatnya, kucing pun jadi muntah. Makanan yang baru saja ia makan pun jadi keluar lagi, bahkan kadang-kadang bentuk makanannya pun belum berubah

2. Makan terlalu cepat

Saat melihat kita membawa makanan, apalagi wanginya menyengat, kucing jadi terlalu bersemangat. Saat makanan itu sudah ada di depannya, kucing jadi makan terburu-buru atau terlalu cepat makan.

Kucing yang makan terlalu cepat juga bisa jadi sedang khawatir atau takut makanannya direbut kucing lain. Hal ini biasanya terjadi kalau kita punya lebih dari satu kucing. Karena itu, saat ia makan, ia akan cepat-cepat menghabiskannya supaya tidak ada kucing lain mendekat atau merebut makanannya.

3. Alergi dengan bahan makanannya

Jika kucing sudah terlalu sering muntah setelah makan, cobalah lihat kandungan makanannya. Bisa jadi, kucing alergi terhadap salah satu bahan makanan itu.

Alergi makanan pada kucing biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap bahan makanan tertentu, biasanya protein. Selain muntah, kucing yang alergi makanan biasanya juga akan mengalami diare, berat badan turun, bulu rontok, dan iritasi kulit.

Penyebab Lainnya

4. Makanan Sulit Dicerna

Kadang-kadang, kucing muntah karena menelan makanan yang sulit dicerna. Misalnya tulang, nasi, atau bahan makanan yang keras atau terlalu besar. Kalau penyebabnya karena ini, biasanya kucing juga mengalami diare.

5. Menelan Tanaman Beracun atau Makanan Basi

Hati-hati, kucing yang muntah juga bisa jadi kerena menelan tanaman beracun atau makanan basi. Biasanya ini juga ditandai dengan diare dan lemas. Jika kucing masih muntah dan diare selama berhari-hari, harus segera dibawa ke dokter.

Itulah beberapa penyebab kucing muntah makanan yang harus kamu waspadai. Kalau kucingmu masih muntah makanan selama berhari-hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan agar segera ditangani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading