Sukses

Lifestyle

6 Resolusi Tentang Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan di Tahun Baru 2023

Fimela.com, Jakarta Saat tahun 2022 akan segera berakhir, banyak dari kita berpikir, bahwa kita akan meninggalkan beberapa hal sulit yang terjadi di tahun 2022. Inflasi telah mencapai rekor tertinggi, dan suku bunga mengikuti, membuat pembelian dan pinjaman menjadi mahal dan sulit.

Mari kita nantikan tahun 2023 dan berharap, dengan meredanya inflasi dan melambatnya kenaikan suku bunga, kita dapat mengambil kesempatan untuk mengatur napas dan mengatur keuangan kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah memulai tahun ini dengan beberapa resolusi keuangan tahun baru.

Resolusi Tahun Baru telah dibuat sejak awal waktu dan untuk alasan yang baik. Resoulsi membantu membuka jalan untuk masa depan dan memberi kita tujuan untuk dikerjakan. Tahun ini, ubah rutinitas resolusi lama dan fokus untuk memperbaiki keuangan pribadi.

Nah, berikut ini adalah beberapa resolusi keuangan mudah yang dapat kamu terapkan di tahun baru 2023. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Buat Daftar Tujuan Keuangan

Setelah kamu melihat kesalahan dan kemenangan finansial di masa lalu, buatlah daftar tujuan finansialmu untuk Tahun Baru ini. Mereka bisa menyeluruh, tujuan besar atau lebih kecil, tujuan spesifik. Apa pun yang ingin kamu capai, catatlah di tempat yang dapat kamu lihat setiap hari.

2. Mulai Anggaran

Sekarang setelah kamu mengetahui tujuan keuangan apa yang ingin kamu capai tahun ini, buatlah anggaran untuk mewujudkannya. Berapa banyak uang yang kamu bawa setiap bulan dan berapa banyak yang digunakan untuk biaya rumah tangga, pengasuhan anak, perjalanan, hiburan, pakaian, melunasi hutang, dan lainnya? Perhatikan baik-baik uangmudan kemudian buat rencana tindakan untuk tetap berada di depan permainan.

3. Ubah Kebiasaan Berbelanja

Setelah kamu mengetahui berapa banyak uang yang akan digunakan untuk setiap kategori, pikirkan bagaimana kamu membelanjakan uangmu pada hari tertentu. Apakah kamu membeli kopi setiap pagi? Pergi makan siang seminggu sekali? Bayar untuk layanan yang tidak pernah kamu gunakan? Nilai kebiasaan belanja dan kemudian berkomitmen untuk mengubah setidaknya satu dari kebiasaan ini untuk menghemat uang.

4. Otomatiskan Perbankan Online

Teknologi telah memberi kita kekuatan untuk menghemat uang dengan lebih mudah dan efisien. Dengan mengotomatiskan perbankan online untuk menarik uang dari rekeningmu untuk masuk ke rekening tabungan, kamu tidak akan pernah memiliki alasan untuk lupa atau tidak merencanakannya. Ini juga cara yang bagus untuk memulai dana darurat.

5. Bayar Cepat, Beli Lambat

Untuk memastikan kamu tetap pada jalur dengan keuangan yang benar, hiduplah dengan aturan sederhana ini, bayar cepat dan beli lambat. Bayar tagihanmu segera setelah masuk untuk menghindari biaya keterlambatan dan membantumu memahami dengan tepat berapa banyak uang yang tersisa. Dan mengadopsi pendekatan pengeluaran yang lebih lambat untuk membantu meminimalkan pembelian impulsif dan meningkatkan pemikiran rasional

6. Lunasi Saldo Kartu Kredit Penuh

Jika kamu tidak dapat melunasi saldo secara penuh, setidaknya tujukan untuk melunasi lebih dari pembayaran minimum. Pastikan kamu memiliki uang di rekening bank sebelum melakukan pembelian dengan kartu kredit. Ini akan membantumu memutus siklus kerja tanpa henti untuk melunasi kartu kredit saat kamu menambahkan lebih banyak pembelian ke dalamnya.

Sekian beberapa resolusi keuangan yang perlu kamu praktekkan di tahun 2023, agar stabil secara finansial. Semoga tips di atas bermanfaat, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading