Sukses

Lifestyle

TMII Jadi Pusat Perayaan Tahun Baru di Jakarta, Ini Aturan yang Perlu Disimak

Fimela.com, Jakarta Taman Mini Indonesia Indah atau TMII bakal menjadi pusat perayaan tahun baru di Jakarta. Berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, pihak pengelola TMII, PT. TWC menyiapkan sejumlah aturan untuk pengunjung yang akan menikmati malam pergantian tahun di TMII.

PT. TWC memperkirakan sekitar 40ribu orang akan hadir di perayaan tahun baru di TMII. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan langkah pengamanan dengan menghadirkan 118 personel pengamanan internal serta 475 personel gabungan dari Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, serta Suku Dinas Perhubungan.

Pos Pengamanan juga disiapkan di pintu masuk utama, yakni di Pintu 3 dan Pintu 4. Demi kelancaran lalu lintas, PT TWC juga menempatkan petugas pengarah jalan di sejumlah titik sekaligus menyiapkan pintu masuk tambahan jika terjadi lonjakan pengunjung TMII.

Sebagai pengunjung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya.

 

1. Tempat parkir

Pengunjung dengan kendaraan roda empat dan roda dua bisa memasuki wilayah TMII melalui Pintu 3. Pengunjung akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan TMII. Pihak TMII telah menyiapkan tempat parkir untuk 559 mobil, 300 motor, dan 28 sepeda.

Tempat parkir alternatif sudah disediakan di beberapa lokasi, seperti di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot, parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.

 

2. Layanan Kesehatan dan Toilet

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak TMII telah menyediakan tenaga kesehatan, ambulans, dan tenda medis di beberapa titik. Di antaranya, Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa dan depan Plaza Keong Mas. Di sisi lain, petugas pemadam kebakaran juga disiagakan di sejumlah titik antara lain di kawasan ex BNI Plaza Utara, depan Anjungan Maluku, depan anjungan Sulawesi Utara depan PP IPTEK, depan Plaza Kayu Gede dan depan Plaza Keong Mas.

Sementara untuk toilet portabel tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak dan depan Plaza Keong Mas.

 

3. Tiket masuk dan jam operasional

Pada 31 Desember 2022 mendatang, Taman Mini Indonesia Indah akan beroperasi lebih lama daripada hari biasa untuk menemani pengunjung untuk menutup tahun 2022 hingga pukul 24.00 WIB. TMII dengan wajah barunya kini telah bertransformasi menjadi kawasan yang smart dengan memanfaatkan platform digital yang salah satunya dimanfaatkan untuk pembelian tiket yang dapat dilakukan melalui laman resmi tamanmini.com.

Para pengunjung dapat membeli tiket untuk menikmati rangkaian acara akhir tahun di Taman Mini dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000,-. Dengan memberikan kemudahan bagi seluruh pengunjung, TMII diharapkan dapat menjadi representasi wajah Indonesia di masa depan.

 

4. Pengunjung dengan kendaraan umum

Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum. Masyarakat kota Jakarta dapat menggunakan transportasi umum berupa Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan moda transportasi lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading