Sukses

Lifestyle

5 Cara Berdamai dengan Kesendirian dan Menjadi Perempuan Tegar

Fimela.com, Jakarta Kesendirian bisa membuat kita merasa terasing dari banyak hal. Hidup jadi terasa makin menjemukan. Bahkan orang-orang di sekitar kita menganggap kita perempuan yang malang meskipun pada kenyataannya kita sedang berjuang keras untuk bertahan melalui masa-masa sulit yang ada.

Bagi dirimu yang kini dalam fase menjalani keseharian seorang diri atau sedang memilih untuk mengenal diri sendiri lebih baik lagi, kamu bisa menjadi perempuan yang lebih tegar lagi. Berdamai dengan kesendirian bisa hadirkan sejumlah kekuatan baru di dalam hati. Caranya bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Sadari Keterbatasan Diri

Fokuslah pada hal-hal yang masih bisa dikendalikan dan lepaskan hal-hal yang sudah telanjur terjadi atau yang di luar kendali. Sadari keterbatasan dirimu. Sadari bahwa kamu tak bisa mengendalikan semua keadaan atau kondisi sesuai kehendak pribadi semata. Kalau situasi kesendirian saat ini bukan situasi yang kamu sukai, cobalah untuk mencoba menerima realitasnya dengan tangan terbuka.

 

 

2. Berkawan dengan Kesepian

Dalam kesendirian, rasa kesepian mungkin akan lebih sering menghampiri. Cobalah untuk tak membenci kehadirannya. Mengutip buku Honjok, para filsuf awal abad kedua puluh seperti Soren Kierkegaard, Jean-Paul Sartre, dan Friedrich Nietzsche sependapat bahwa manusia ada sebagai makhluk tersendiri, tiba di dunia sendirian, melakukan perjalanan hidup sendirian, dan meninggalkan dunia juga sendirian. Meskipun menimbulkan penderitaan dan kesedihan, kesepian juga tak bisa dihindari, dan merupakan keadaan yang harus dibiasakan untuk kita terima dan dipetik maknanya jika kita ingin menjalani kehidupan yang bermakna.

 

 

3. Rawat Diri Lebih Baik Lagi

Membaca buku, meditasi, melakukan perawatan kulit, menata rambut, mencoba gaya busana baru, atau menekuni hobi yang menyenangkan bisa dilakukan sebagai bagian dari upaya merawat diri. Dalam kesendirian, waktu yang dihabiskan lebih banyak untuk diri sendiri. Jadi, daripada hanya meratapi keadaan atau menyesali pilihan-pilihan, cobalah untuk merawat diri lebih baik lagi agar kualitas hidup bisa ikut membaik.

 

 

4. Hadirkan Rutinitas yang Bermakna

Punya banyak waktu saat sendiri memudahkan kita untuk lebih mengenali diri sendiri dengan lebih dalam lagi. Cobalah untuk membuat jadwal keseharian dan rutinitas yang produktif dan bermakna. Dengan begitu, kita bisa selalu menemukan keindahan-keindahan baru dalam hidup. Bahkan melalui hal-hal yang bisa dilakukan dan diupayakan dengan baik, semangat hidup akan senantiasa terjaga dalam keseharian.

 

 

5. Membuka Diri Mencoba Hal-Hal Baru

Makin banyak hal baru yang dicoba, makin kaya pengalaman hidupmu. Semua ini kemudian bisa menempa mentalmu jadi lebih kuat. Sebab kamu menyadari bahwa hidup selalu menawarkan banyak hal yang menyenangkan. Tingkatkan kemandirian mencoba hal-hal baru dan berbeda agar mental dan jiwamu bisa makin tegar lagi.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk berdamai dengan kesendirian. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading