Sukses

Lifestyle

Perempuan Perlu Punya Rumah Sendiri, Bagaimana Menurutmu?

Fimela.com, Jakarta Di antara serangkaian impian besar yang kita miliki, impian yang satu ini mungkin juga sudah masuk dalam rencana hidup. Impian tersebut adalah punya rumah sendiri. Sebagai perempuan, boleh kan ya punya impian memiliki rumah sendiri?

Impian punya rumah sendiri jelas bukan impian kecil. Kondisi finansial menjadi salah satu pertimbangan terbesar dalam memantapkan hati untuk memiliki rumah sendiri. Terlebih sebagai perempuan, kita masih akan dihadapkan dengan banyak stigma di tiap pilihan dan keputusan yang kita ambil, termasuk soal memiliki rumah sendiri.

 

 

Memahami Plus Minus Beli Rumah

Impian memiliki rumah juga perlu diimbangi dengan perencanaan yang matang agar bisa tercapai dengan baik. Penting juga memahami plus minusnya. Mengutip buku Make It Happen, saat kita memutuskan membeli rumah, maka kita akan perlu menyisihkan penghasilan untuk membeli aset. Membeli rumah berarti harus siap dengan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Jika membeli rumah secara kredit, maka kita perlu kesiapan matang untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Belum lagi bila ada asuransi rumah yang harus kita beli serta berbagai pengeluaran tambahan untuk membayar pajak.

Memiliki rumah sendiri bisa menghadirkan rasa bangga. Ada perjuangan yang rasanya bisa terbayar dan kerja keras yang berbuah manis saat berhasil memiliki rumah sendiri. Mempunyai sepetak rumah sederhana atas nama sendiri bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri dalam hidup seorang perempuan.

Agar bisa memantapkan hati memiliki rumah, penting untuk memahami hal-hal apa saja yang perlu diperjuangkan. Kesiapan mental sama pentingnya juga dengan kesiapan finansial. Apalagi jika tujuan memiliki rumah adalah untuk menetap, maka perlu benar-benar mempersiapkan diri menghadapi masalah atau tantangan baru yang akan muncul dalam perjalanan ke depannya.

Perlukah Memiliki Rumah Sendiri?

Siapa saja boleh dan bebas bermimpi. Seorang perempuan juga boleh-boleh saja punya impian memiliki rumah sendiri. Semua tergantung dari prioritas dan kebutuhan masing-masing.

Membeli rumah di zaman sekarang memang tantangannya tidak mudah. Harga tanah dan bangunan yang naik tiap tahunnya juga cukup bikin frustrasi sendiri. Belum lagi dengan berbagai kebutuhan dan prioritas lain yang perlu didahulukan. Hal ini kadang membuat kita makin overthinking. 

Mengingat tiap orang punya pertimbangan dan rencana sendiri soal kehidupan yang dijalaninya, maka impian yang dimiliki pun pastinya berbeda-beda. Kalau kamu termasuk yang memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri, semoga rezekimu senantiasa dilancarkan, ya. Serta, semoga semua upaya dan kerja kerasmu bisa berbuah indah dan manis.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading