Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Bisa Hidup Lebih Disiplin tanpa Merasa Terpaksa

Fimela.com, Jakarta Membiasakan diri hidup disiplin bisa memudahkan kita melakukan banyak hal dengan lebih efektif dan efisien. Kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Serta, bisa menyelesaikan semua hal dengan baik.

Hanya saja kadang karena terlalu banyak alasan hingga kebiasaan menunda-nunda, kita tidak bisa menjaga kedisiplinan. Untuk bisa hidup lebih disiplin bisa dimulai dengan sejumlah langkah sederhana. Bahkan tak harus membuat kita stres atau tertekan saat berusaha lebih disiplin dalam menjalani keseharian.

 

 

1. Buat Jadwal Tertulis

Jangan hanya membuat dan merangkai jadwal dalam benak. Coba tuliskan jadwal dan kegiatan yang akan dilakukan dalam keseharian. Bisa ditulis dalam buku atau aplikasi di ponsel. Dengan begini, kita bisa lebih mudah menakar dan mengukur waktu yang tepat untuk melakukan segala hal dengan lebih efisien.

 

 

2. Mudahkan Hal yang Ingin Dilakukan

Untuk bisa lebih disiplin, pada dasarnya jangan menambah beban atau tekanan. Cobalah untuk memudahkannya. Misalnya, untuk bisa lebih disiplin olahraga pagi, coba siapkan baju olahraga yang akan dipakai pada malam hari sebelumnya. Sehingga ketika bangun di pagi hari sudah bisa langsung memakainya untuk berolahraga.

 

 

3. Berhenti Membuat Alasan

Sudah buat jadwal dan sudah menyiapkan yang akan dilakukan, di sini kadang godaannya adalah kembali menunda-nundanya. Berbagai alasan mungkin akan kita buat untuk menunda hal yang semestinya kita lakukan. Untuk bisa lebih disiplin, kurangi kebiasaan membuat dalih atau alasan karena itu malah akan memperburuk keadaan.

 

 

4. Kerjakan Satu per Satu

Yang membuat kita sulit disiplin adalah merasa terlalu banyak hal yang harus dikerjakan. Sehingga rasanya berat untuk memulai. Di sini, cobalah untuk fokus mengerjakan satu hal per waktu. Kerjakan satu per satu. Lakukan kegiatan secara bertahap, langkah demi langkah. Saat sudah memulai biasanya seterusnya akan terasa lebih mengalir.

 

 

5. Bayangkan Hasil Baiknya

Bisa menyelesaikan sesuatu tepat waktu bisa menghadirkan kepuasan batin. Bisa menggerakkan tubuh untuk berolahraga misalnya, bisa membuat tubuh terasa lebih bugar. Ketika akan memulai sesuatu, daripada membayangkan kesulitan atau beratnya hal tersebut, coba fokus membayangkan hasil baik atau dampak positifnya. Dengan begitu, semangat akan lebih terpacu.

Itu tadi lima langkah dasar yang bisa diambil untuk bisa hidup lebih disiplin. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading