Sukses

Lifestyle

5 Cara Hidup Tenang tanpa Merasa Tertinggal dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Perasaan tertinggal dari orang lain kadang bisa membuat diri sendiri nelangsa. Melihat pencapaian orang lain yang lebih banyak dan sukses kadang membuat kita merasa minder. Kalau sudah begini, hati pun jadi makin tak tenang.

Agar hidup lebih tenang dan tak merasa tertinggal dari orang lain, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Melalui cara-cara sederhana, kita bisa hadirkan hati yang lebih tenang dalam menjalani hidup kita sendiri.

 

1. Kurangi Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

“Everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.” ― Andy Rooney

Sesekali memang perlu mencari inspirasi, motivasi, atau panutan dari orang lain agar kita bisa mendapatkan hidup yang lebih baik. Namun, jangan sampai terobsesi dalam membuat perbandingan diri. Makin sering kita melongok ke luar, kita bisa makin melupakan hal-hal yang lebih penting dan lebih berharga dari hidup kita sendiri.

 

 

2. Apresiasi Kehidupan sebagai Anugerah Terindah

“Happiness is letting go of what you think your life is supposed to look like and celebrating it for everything that it is.” – Mandy Hale

Saat orang lain bahagia dengan pencapaian hidupnya, ikutlah berbahagia untuknya. Apresiasi semua usaha dan kerja kerasnya. Dari sini, kamu juga bisa mengapresiasi hidupmu sendiri. Kehidupan yang kita miliki adalah anugerah terindah yang pernah ada, jadi hadirkan hati yang baik dalam memandangnya.

 

 

3. Rayakan Masa Kini yang Kamu Miliki

“Happiness is not a goal...it's a by-product of a life well lived.” ― Eleanor Roosevelt

Agar lebih tenang, coba fokus untuk jalani semua hal yang masih ada saat ini. Rayakan pencapaian-pencapaianmu sendiri. Syukuri semua hal yang kamu miliki saat ini. Jiwamu pun akan merasa lebih bebas saat kamu bisa fokus jalani masa kini dengan sebaik-baiknya.

 

4. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

“Being happy doesn't mean that everything is perfect. It means that you've decided to look beyond the imperfections.” – Gerard Way

Saat kamu merasa tertinggal dari orang lain, kamu mungkin akan menganggapmu dirimu tidak sempurna. Pada kenyataannya memang ada banyak hal yang perlu senantiasa diperjuangkan dalam hidup. Hati yang tenang bisa hadir saat kamu bisa berdamai dengan ketidaksempurnaan yang ada.

 

 

5. Lakukan Hal-Hal yang Masih Bisa Diupayakan Sebaik Mungkin

“Dedicate yourself to the good you deserve and desire for yourself. Give yourself peace of mind. You deserve to be happy. You deserve delight.” – Mark Victor Hansen

Kalau memang masih ada target yang belum tercapai, cobalah untuk berjuang lebih keras untuk mendapatkannya. Jika memang ada hal yang belum sesuai keinginan, tetap usahakan yang terbaik untuk mewujudkannya. Intinya, hati akan lebih tenang saat kita bisa lebih fokus mengupayakan hal-hal yang masih dalam kendali diri kita.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar hidupmu lebih tenang. Semoga tahun ini bisa menjadi tahun yang lebih berwarna dan makin bermakna untukmu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading