Sukses

Lifestyle

5 Alasan Seseorang Susah Lepas dari Hutang, Sering Terjadi Namun Disepelekan

Fimela.com, Jakarta Bisa dikatakan jika mengelola uang bukanlah perkara yang mudah. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan agar kita tetap bisa mengelola keuangan dengan baik. Pendapatan yang banyak atau sedikit, selama kita bijak dalam mengelolanya, kondisi keuangan kita akan baik-baik saja. Kita pun bisa terhindar dari masalah hutang, yang bisa saja berdampak buruk bagi keuangan kita di masa depannya. 

Hutang merupakan hal yang cukup berbahaya bagi hidup kita. Jadi Sahabat Fimela, pastikan untuk sebisa mungkin menghindari kebiasaan berhutang. Sekalinya berhutang, ini bisa meningkatkan risiko berhutang. Ini bahkan bisa membuatmu susah lepas dari masalah hutang. Lantas, kira-kira apa saja yang menyebabkan seseorang kesulitan lepas dari masalah hutang? Simak yang berikut ini.

Gaya Hidup Berlebihan

Saat seseorang memiliki gaya hidup yang berlebihan, ini bisa membuatnya nekat berhutang. Gaya hidup yang tak sesuai dengan pendapatan, akan membuat seseorang rentan berhutang. Dan ketika ia terus menerus memiliki gaya hidup seperti ini, besar kemungkinan baginya untuk terlilit hutang. Semakin lama seseorang berhutang, akan semakin sulit baginya memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Bayar Hutang dengan Cara Berhutang

Ketika kamu membayar hutang dari uang hutangan, ini juga akan membuatmu kesulitan lepas dari masalah hutang. Saat kamu terus menerus berhutang untuk membayar hutang-hutangmu sebelumnya, ini akan membuat hutangmu semakin banyak. Ini tak akan pernah menyelesaikan masalah terhadap hutang yang kamu punya.

Ada Orang Lain yang Bisa Diandalkan

Saat kamu memiliki hutang dan masih ada orang lain yang bisa diandalkan untuk membayar hutangmu, kamu pun akan kesulitan lepas dari masalah hutang ini. Jika kamu ingin terbebas dari hutang, pastikan untuk membayar hutangmu sendiri. Bersikaplah lebih bijak, hati-hati dan jangan lagi mengandalkan orang lain. Kamu harus bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan Jelas

Ketika kamu tak memiliki rencana keuangan yang jelas, ini juga akan membuatmu susah lepas dari hutang. Kamu yang tak bisa mengelola keuangan dengan baik, akan sangat sulit lepas dari hutang-hutangmu selama ini. 

Mudah Terpengaruh dengan Sekitar

Menyoal keuangan, jangan pernah terpengaruh dengan sekitar. Setiap orang memiliki rezeki masing-masing. Ada yang memang rezekinya berlebih, ada yang secukupnya. Jika rezekimu hanya cukup untuk makan, jangan bergaya dan terpengaruh dengan sekitar yang memiliki rezeki lebih. Mudah terpengaruh orang lain hanya akan membuatmu kesulitan mengelola keuangan. Kamu pun akan berisiko besar mengalami masalah hutang yang tak kunjung selesai. 

Itulah sekilas mengenai masalah hutang dan kenapa susah lepas darinya. Yuk, lebih bijak dalam mengelola keuangan. Jangan ragu pula untuk sharing keuangan dengan ahlinya atau orang terdekat. Memiliki sikap cukup terbuka juga akan membuatmu lebih bijak dalam mengelola keuangan dan melunasi huttang-hutangmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading