Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Intip Kisah Plumeria Scent Hadirkan Aromaterapi Melalui Reed Diffuser

Fimela.com, Jakarta Penggunaan reed diffuser sebagai pewangi ruangan saat ini telah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Ada banyak manfaat positif dalam penggunaan reed diffuser, salah satunya adalah meningkatkan suasana hati melalui wangi yang hadirkan. Tak hanya itu, penggunaan reed diffuser juga dapat membuat ruangan semakin estetik.

Salah satu orang yang menyukai wangi dari reed diffuser adalah Winny Livianti. Mantan pegawai kantoran ini merupakan seorang pemilik usaha reed diffuser Plumeria Scent. Awal mula membangun bisnis ini Winny bercerita bahwa dirinya memang memiliki niatan untuk membangun bisnis sendiri, setelah melakukan brainstorming akhirnya ia tertarik untuk menjual reed diffuser.

“Dari situ saya pikir ‘oh iya menarik juga’, secara saya juga suka. Nah, mulailah saya research semua tentang reed diffuser.” ungkap Winny dalam wawancara yang dilakukan bersama tim Fimela.

Di sisi lain, Winny merupakan seorang wanita yang menyukai sesuatu yang wangi, namun ia juga tidak menyukai wewangian yang terlalu sintetik terutama pewangi ruangan karena membuatnya menjadi pusing. 

Berbagai jenis wangian telah dicoba olehnya mulai dari catalytic lamp, candle, poutpori, hingga reed diffuser. Namun, ia lebih tertarik dan nyaman menggunakan reed diffuser. Mulai dari situ, Winny tertarik untuk menggunakan essential oil dalam membuat produk reed diffuser-nya. 

“Saat itu belum ada local brand yang memproduksi reed diffuser dengan bahan essential oil asli. Sehingga misi kami adalah membuat pengharum ruangan yang alami dan aman, dapat bekerja 24 jam mengharumkan ruangan, tanpa listrik dan api.” ceritanya.

 

 

Miliki 64 Produk

Saat Plumeria Scent telah memiliki 64 macam produk yang terbagi dari 4 tipe produk reed diffuser dengan berbagai bentuk wadah mulai dari botol kaca, vas keramik, bamboo dan tabung metal, serta linen dan room disinfectant spray.

Sementara, untuk penjualan produk dari Plumeria Scent telah mencapai angka diatas 10 ribu produk dan saat ini juga telah tersedia 8 varian wangi aroma terapi, seperti:

  • 𝑺𝒆𝒉𝒂𝒕𝒊: Frangipani & Cinnamon
  • 𝑺𝒆𝒏𝒂𝒏𝒅𝒖𝒏𝒈: Lavender & Ylang-ylang
  • 𝑺𝒖𝒌𝒂𝒓𝒊𝒂: Bergamot & Sweet Orange
  • 𝑺𝒆𝒋𝒆𝒏𝒂𝒌: Vanilla & Grapefruit 
  • 𝑺𝒆𝒘𝒂𝒏𝒈𝒊: Green Tea & Lemon 
  • 𝑺𝒆𝒌𝒂𝒕𝒂: Coffee & Cedarwood 
  • 𝑺𝒆𝒏𝒋𝒂: Lemongrass & Geranium
  • 𝑺𝒆𝒋𝒖𝒌: Peppermint & Eucalyptus 

Adapun varian wangi yang paling best seller adalah wangi-wangi yang fresh yaitu varian Sewangi. Varian ini merupakan wangi dari campuran green tea dan lemon essential oil. Varian lain yang best seller juga ada wangi floral atau bunga yaitu varian Senandung yang merupakan campuran lavender dan ylang-ylang essential oil.

Dalam membangun sebuah bisnis tentu ada kendala yang dihadapi oleh setiap pelaku UMKM, itu juga yang dirasakan oleh bisnis yang telah berdiri selama 4 tahun ini. Kendala yang pernah dihadapi oleh Plumeria Scent adalah penjualan yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19, sehingga Winny bersama rekan mengandalkan penjualan secara daring. 

“Kendala berikutnya lebih ke proses perizinan produk, karena biaya yang dibutuhkan untuk perizinan produk cukup mahal bagi kami pelaku UMKM.” kata Winny.

 

 

Pengalaman Berharga yang Didapatkan

Meski pernah mengalami kendala, Winny juga bercerita bahwa terdapat pengalaman berharga saat menjalankan bisnis ini. Mulai dari belajar membangun sebuah usaha dari 0, baik dari sisi pengembangan produk, melakukan strategi pemasaran dan penjualan, hingga membangun relasi dengan banyak pihak.

Saat ini Plumeria Scent dibantu oleh 5 orang karyawan untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis. Serta, saat ini juga Plumeria Scent telah melakukan banyak kerja sama dengan store besar seperti SOGO yang berada di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka dan Plaza Senayan.  Ada juga beberapa store di bawah naungan Trans Retail.

“Kami juga ada di BALI BUDA yang tersebar di 5 lokasi Pulau Bali. Untuk outlet bazaar kita juga sering ikutan di Jakarta dan Surabaya.” kata Winny.

Sementara untuk rencana kedepannya Winny berharap jika Plumeria Scent dapat menambah jumlah partnership store hingga membuat produk dan wangi baru. Tak hanya itu, Winny juga menuturkan bahwa Plumeria Scent berencana untuk membuka flagship store.

 

Penulis: Angela Marici 

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading