Sukses

Lifestyle

Penyebab Laptop Sering Tidak Merespon Ketika Sedang Digunakan

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah tidak merespon atau muncul tulisan "not responding".

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak merespon? Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop tidak merespon tersebut. Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Laptop "Not Responding"

1. Mulitasking

90% penyebab utama dari laptop not responding adalah akibat multitasking. Terlebih lagi jika laptop yang digunakan sedang tersambung ke internet. Maka sudah bisa dipastikan laptop akan sering mengalami masalah tersebut.

Multitasking saat tersambung dengan internet tidak akan menimbulkan masalah jika laptop kamu mempunyai RAM di atas 2GB. Namun jika spesifikasi laptopmu masih di bawah itu, maka kemungkinan not respondingnya akan semakin besar.

2. Virus

Penyebab kedua adalah karena virus. Sistem kerja virus berbeda-beda namun kebanyakan akan membuat program tidak berjalan normal. Sehingga saat kita buka program tersebut akan membutuhkan waktu lama. Selain itu, virus juga bisa memberikan beban kinerja yang tinggi ke prosesor maupun RAM

3. Hardisk penuh

Biasanya hardisk khususnya partisi C adalah tempat untuk menginstal aplikasi. Maka ketika kamu menginstal aplikasi cobalah cek dulu kapasitas dari partisi C. Jika terlalu penuh, maka wajar saja laptopmu muncul tulisan "not responding".

4. Kapasitas RAM terbatas

Perhatikan juga kapasitas RAMmu. Jika RAMmu hanya terbatas misalnya hanya 2GB saja, kemudian laptopmu sering kamu gunakan untuk multitasking, maka hal itulah yang menyebabkan laptopmu jadi not responding.

Cara Mengatasinya

1. Tutup program melalui task manager

Bisanya jika aplikasi sudah terlanjur not responding kita tidak bisa menutupnya langsung. Namun kita masih bisa menutup aplikasi tersebut secara paksa. Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan.
  2. Pilih Task Manager.
  3. Cari program yang not responding.
  4. Klik kanan program tersebut kemudian pilih End Task.

2. Matikan paksa laptop

Cara kedua ini bisa kamu lakukan jika cara pertama di atas tidak berfungsi. Terkadang ada kondisi ketika task manager tidak juga terbuka. Jika kondisinya seperti itu, coba matikan paksa laptop dengan cara menekan tombol powernya selama 5 detik sampai laptop mati.

3. Instal ulang OS

Masalah not responding normalnya tidak akan sering muncul, namun jika sering sekali mengalami masalah ini. Mungkin OS laptop kamu mengalami masalah. Bisa karena virus, program tidak kompatibel dan lain-lain.

4. Service

Jika ketiga cara di atas sudah kamu coba atau kamu tidak berani mencoba mengatasinya sendiri, kamu bisa membawa laptopmu untuk diservice. Ini adalah cara yang paling benar karena teknisilah yang paling memahami laptop tersebut dan bisa mengatasinya.

Itulah beberapa penyebab laptop not responding serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading