Sukses

Lifestyle

5 Cara Efektif Menggemukkan Kucing Secara Sehat

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Banyak yang menyukai kucing yang gemuk, bahkan tak sedikit pula yang ingin menjadikan kucingnya jadi gemuk. Namun kegemukan pun tak baik bagi kesehatan kucing.

Kalau kamu memang ingin kucingmu gemuk, kamu bisa lakukan dengan cara yang sehat. Bagaimana caranya? Yuk simak caranya berikut ini.

1. Pilih makanan yang tepat

Kamu perlu memilih makanan yang tepat untuk kucingmu. Makanan yang tepat bisa membuat kucingmu makan dengan lahap. Sama halnya dengan manusia, kan? Kalau kamu suka dengan makanan tersebut, kamu pasti akan makan dengan lahap bahkan bisa makan berkali-kali. Kucing pun juga begitu. Selain itu, makanan yang tidak tepat bisa membuat pencernaan kucing bermasalah.

2. Tambahkan makanan basah

Tidak hanya makanan kering saja, kamu bisa mencampurkan antara makanan kering dan makanan basahnya. Kucing biasanya lebih suka makanan basah daripada makanan kering. Nah dengan mencampurkan makanan kering dan basah, maka kucing akan makan dengan lebih lahap dan perlahan-lahan kucingmu akan menggemuk karena makan dengan lahap.

Kamu juga bisa menambahkan daging ikan. Namun pastikan ikan yang kamu berikan sudah direbus ya untuk menghindari kandungan bakteri atau kuman di dalamnya.

3. Beri minyak ikan

Aroma serta rasa minyak ikan yang amis dapat membantu meningkatkan nafsu makan kucing. Selain itu, minyak ikan juga mengandung omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung kucing. Selain itu, minyak ikan memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kucing. Kalau kamu ingin memberikan minyak ikan untuk kucingmu, cukup berikan seminggu sekali.

4. Ajak kucing bermain

Banyak yang menganggap kalau mengajak kucing beraktivitas hanya akan membuat kucing kurus. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Mengajak kucing bermain akan membuatmu semakin aktif dan sehat.

Kucing yang aktif akan membuat berat badannya terjaga. Jadi kucingmu tidak akan jadi kegemukan.

5. Konsultasikan pada dokter hewan

Kamu juga bisa lho menggemukkan kucingmu melalui saran dari dokter hewan. Namun biasanya dokter hewan akan menyarankan untuk menggemukkan kucing jika kucingmu terlalu kurus. Kalau berat badan kucingmu sudah termasuk normal, biasanya dokter tidak akan menyarankan untuk menambah berat badan karena akan membuat kucingmu jadi terlalu gemuk dan obesitas. Obesitas bisa berakibat buruk pada kesehatannya.

Kalau dokter hewan memang menyarankan penambahan berat badan untuk kucingmu yang terlalu kurus, dokter akan memberikan resep dan obat yang bisa membuat nafsu makannya meningkat. Menggemukkan berat badan kucing di bawah pengawasan dokter hewan pasti aman dan tidak akan mengorbankan kesehatan hewan kesayanganmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading