Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Dianggap Perempuan Tak Sempurna

Fimela.com, Jakarta Apa pun pilihan yang kita ambil sebagai perempuan, akan selalu ada omongan miring atau cibiran yang mencela pilihan kita. Bahkan ketika kita sudah berupaya menjalani hidup sebaik mungkin, selalu saja ada orang yang mencari celah untuk menganggap kita tak sempurna. Dianggap perempuan yang tak sempurna memang bisa membuat kita terpuruk dan sangat terluka.

Walau mungkin tidak mudah, tapi kita bisa tetap mencari cara terbaik untuk menjalani hidup dengan bahagia. Kita bisa kembali kuat dan tegar dengan sejumlah cara yang kita upayakan sendiri.

1. Pahami bahwa Tiap Orang Punya Cara Pandang Sendiri

Ada kutipan menarik dari novel All the Lovers in The Night, isinya, "... if you make plenty of money but don't have any kids, you might get called successful. But unless you have kids, no one will ever call you a great woman." Mungkin di antara kita ada yang pernah merasakan hal tersebut. Kita sudah berusaha bekerja dan menghidupi diri sebaik mungkin, tapi saat ada hal yang belum bisa kita miliki (seperti belum memiliki anak), orang lain masih saja menganggap kita kurang dan belum hebat. Pahami bahwa tiap orang punya sudut pandang berbeda. Mereka yang menganggap kita tak sempurna mungkin memang punya pemahaman sendiri tentang kehidupan yang tampak paling baik di mata mereka.

 

2. Luangkan Waktu untuk Membahagiakan Diri Sendiri

 

Membahagiakan diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru ini bisa menjadi cara untuk membantu kita bisa makin kuat dan tegar dalam menjalani hidup. Daripada makin stres dan tertekan dengan cibiran orang yang mencela ketidaksempurnaan kita, mending kita hadirkan kebahagiaan dengan cara paling nyaman untuk diri kita sendiri.

 

 

3. Berdamai dengan Keterbatasan Diri

Kita sendiri mungkin juga memiliki rasa minder terhadap sejumlah aspek kehidupan kita. Mungkin juga minder dengan beberapa bagian tubuh atau penampilan diri sendiri. Walaupun begitu, tak perlu meratapi diri sendiri. Wajar jika kita memiliki keterbatasan karena kita hanya manusia biasa. Berdamai saja dengan itu semua agar kita tak makin tertekan dengan hal-hal yang terjadi di luar kendali diri.

 

4. Tingkatkan Kemampuan Menjadi Perempuan yang Berdaya

 

Hal-hal yang dianggap tak sempurna oleh orang lain mungkin adalah hal-hal yang sebenarnya membuat diri kita lebih istimewa. Tak perlu mempedulikan celaan atau cibiran orang lain. Fokus saja meningkatkan kemampuan untuk menjadi perempuan yang lebih mandiri dan berdaya.

 

 

5. Perkaya Pengalaman dengan Mencoba Berbagai Hal Baru

Perkaya jiwa kita dengan melakukan hal-hal baru. Taklukkan tantangan-tantangan baru dalam hidup. Makin kaya pengalaman yang kita punya, makin kuat jiwa kita. Hal ini pun bisa membuat kita menjadi perempuan yang lebih tangguh lagi.

Walau ada orang yang masih menganggap kita tak sempurna, kita tak perlu makin mengasihani diri sendiri. Fokus saja jalani hidup kita sebaik-baiknya dan hadirkan kebahagiaan dengan cara ternyaman kita sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading