Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Bau Mulut yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba kucing bau mulut?

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan kucing bau mulut. Berikut penyebab kucing bau mulut serta penjelasan dan cara mengatasinya.

1. Faktor usia dan riwayat penyakit

Kebanyakan kucing yang sudah tua rentan dengan masalah ini. Selain itu juga disebabkan oleh riwayat penyakit yang dideritanya bahkan sejak kecil akibat keturunan dari induknya seperti feline leukemia virus, calicivirus, dan sebagainya.

2. Nutrisi makanan tidak tepat

Bau mulut pada kucing bisa jadi juga disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi oleh kucing secara sembarangan. Kucing tidak dianjurkan untuk diberikan makanan berupa daging mentah serta makanan yang sifatnya basah.

Hal ini dikarekanan makanan basah tidak membutuhkan banyak kunyahan namun mudah menempel dan menyisa di dalam mulut.

3. Karang gigi serta infeksi pada gusi

Kucing yang mempunyai gigi berkarang bisa berpengaruh terhadap kesehatan mulut yaitu menjadi berbau tidak sedap. Terlebih lagi jika gusinya mengalami infeksi yang cukup serius seperti halnya keluar nanah dan semacamnya. Hal itu justru lebih berbahaya lagi dan menimbulkan bau mulut yang lebih parah.

4. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal pada kucing seringkali menyebabkan keluarnya urea atau amonia. Hal itu kemudian masuk ke pembuluh darah dan membuat bau mulut yang tidak sedap pada kucing. Gangguan ginjal termasuk penyakit yang berbahaya. Jika tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kematian.

5. Penyakit diabetes dan gangguan hati

Kucing yang menderita diabetes juga berpengaruh terhadap bau mulut yang tidak biasa. Umumnya baunya manis, seperti pewarna kuku. Begitu pula dengan gangguan hati yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut atau pernapasan si kucing.

Itulah beberapa penyebab kucing bau mulut. Semoga artikel ini bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading