Sukses

Lifestyle

Serunya Kongkow Sambil Nikmati Ragam Karya Seni di Art Jakarta Gardens 2023

Fimela.com, Jakarta Art Jakarta Gardens 2023 resmi dibuka pada 7-12 Februari 2023. Sama seperti tahun lalu,  pekan seni rupa dengan latar udara terbuka ini kembali digelar di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Pengunjung bisa santai seru di taman sambil menikmati ragam karya seni rupa dari dalam dan luar negeri.

Pembukaan Art Jakarta Gardens 2023 dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid, yang mendukung penuh acara pameran seni untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.

“Dengan hadirnya ajang seni rupa di Hutan Kota ini, kita dapat kembali melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan: tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa ekosistem alam yang sehat,” kata Hilmar Farid saat konferensi pers, (7/2/2023).

Selama pameran, pengunjung akan disuguhi oleh beragam karya seni rupa mulai dari patung, instalasi dan objek dua dimensi, dari 21 galeri lokal dan satu galeri dari Malaysia. Serta sebanyak 25 patung memperkaya Art Jakarta Gardens tahun ini.

 

Taman Patung hingga Pameran dalam Ruangan

Sepanjang menyusuri jalan setapak di taman, pengunjung akan menemukan banyak kejutan dari koleksi yang menjadi rumah bagi beragam karya berwujud patung atau seni rupa tiga dimensi lainnya.

Segmen khusus ini diberi nama “Taman Patung”, yang menampilkan patung luar ruangan karya seniman terkemuka seperti Adi Gunawan Ashley Bickerton, Nyoman Nuarta, Richard Winkler, Sinta Tantra, hingga Yim Yen Sum. Dengan dukungan base dari TACO, yang terbuat dari PVC dan HPL berkualitas, karya-karya ini akan kokoh berdiri dalam segala cuaca. 

Sementara itu, area pameran dalam ruangan terdiri atas dua tenda khusus yang disediakan bagi 22 galeri ternama. Seperti STEM Project (Yogyakarta), ROH (Jakarta), RUCI Art Space (Jakarta), RUCI Art Space (Jakarta), dan masih banyak lagi.

Art Jakarta Gardens juga menggelar program khusus anak, seperti kelas keramik oleh Kandura Studio (Bandung), kelas fragrant oleh Of Animo, dan kelas penulisan lirik oleh Sofar Sounds.

Instalasi Menarik yang Tak Boleh Dilewatkan

Berbeda dari tahun lalu, Art Jakarta Gardens 2023 juga diramaikan dengan sejumlah karya kolaborasi yang menjadi highlight dalam pameran ini. Seperti karya The Light of Journey berupa perahu kayu dengan huruf-huruf Tionghoa karya seniman asal Blitar FX Harsono yang ditempatkan di sebuah ruangan khusus.

Kemudian, ada karya charger station dengan casing dipoles sedemikian rupa oleh empat orang seniman berbeda, yang merupakan karya kolaborasi CASION dengan Karafuru, Rizal Hasan, Naufal Afshar, dan Tutu Grafity.

Salah satu instalasi yang tak boleh terlewatkan untuk kamu kunjungi adalah instalasi “Aquifer” ciptaan Digital Nativ. Bekerja sama dengan iForte, “Aquifer” merupakan instalasi yang memadukan seni dan teknologi. Instalasi ini mengangkat isu air tanah di Jakarta.

Dengan menggunakan dua komponen yaitu layar interaktif dan tabung sinar laser, Aquifer mampu menunjukkan tingkat ketinggian air tanah pada 25 titik di Jakarta, berdasarkan data dari PAM dan scientific paper. 

“Aquifer diciptakan atas keprihatinan masalah eksploitasi air tanah di Jakarta. Harapannya supaya masyarakat lebih concern lagi tentang asal air yang mereka gunakan,” kata Alvit Putra, Electrical Engineering Digital Nativ saat berbincang dengan Fimela.

Masa Depan Seni Rupa di Ruang Publik Jakarta

Art Jakarta Gardens merupakan pameran seni rupa dengan latar udara terbuka di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Edisi perdananya pada 2022 merupakan terobosan dan inovasi oleh Art Jakarta, sebagai bagian dari MRA Group, selama masa pembatasan sosial akibat pandemi. 

Sambutan positif dari kalangan seniman, kolektor, dan pemangku kepentingan ekosistem seni rupa lainnya mendorong Art Jakarta Gardens untuk hadir kembali tahun ini. Hadirnya Art Jakarta Gardens juga menjadi mimpi para seniman dan pecinta seni akan adanya karya seni rupa di ruang publik Jakarta di masa depan.

“Harapan kami, Art Jakarta Gardens dapat menjadi inspirasi agar banyak karya seni rupa bisa tampil di ruang publik Jakarta di masa mendatang,” imbuh Artistic Director Enin Supriyanto

Sebagai informasi, Art Jakarta Gardens 2023 membuka lima sesi kunjungan per harinya, mulai pukul 13.00 WIB-21.00 WIB. Pembelian tiket bisa melalui situs resmi Art Jakarta Gardens 2023.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading