Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Bisa Tetap Bahagia saat Hidup Masih Pas-pasan

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Katanya uang bukan tolak ukur kebahagiaan. Hanya saja yang sering terjadi di realitas kehidupan adalah kehadiran uang punya pengaruh yang cukup besar dalam keseharian hingga kesejahteraan.

Saat hidup masih serba pas-pasan, kita perlu memutar otak lebih keras agar bisa menggunakan dan memakai uang sebijak mungkin. Rasa takut tak bisa memenuhi atau mencukupi semua kebutuhan rasanya selalu menghantui. Namun, bukan berarti kita tak bisa hidup bahagia di tengah segalanya yang masih serba pas-pasan. Kita masih bisa menemukan kebahagiaan dalam keseharian kita yang sederhana.

 

 

1. Terima Semua yang Ada dengan Perasaan Cukup

Coba lapangkan hatimu untuk menerima semua yang ada dengan perasaan cukup. Bisa jadi saat segalanya serba pas-pasan sebenarnya diri kita sedang dilatih untuk menyeimbangkan segalanya. Ada kutipan menarik dari buku Psychology of Money, isinya, "Bertujuan mendapat tingkat tabungan sedang-sedang saja, waktu luang sedang-sedang saja, perjalanan pulang pergi sedang-sedang saja, dan waktu untuk keluarga sedang-sedang saja di tiap titik dalam kehidupan kerja Anda akan meningkatkan peluang bertahan di satu rencana dan menghindari penyesalan dibanding kalau ada salah satu hal di atas jatuh ke sisi ekstrem spektrum." Cobalah untuk menerima segalanya yang serba sedang-sedang saja karena siapa tahu ini adalah bagian dari proses pendewasaan diri untuk lebih bijak mengatur prioritas hidup yang baru.

 

 

2. Hadirkan Momen Khusus untuk Menyenangkan Diri Sendiri

Sesuatu yang sederhana bisa hadirkan kebahagiaan sendiri. Kamu bisa meluangkan sedikit waktu atau momen untuk menyenangkan dirimu sendiri. Entah dengan mendengarkan musik kesukaan atau menyelesaikan hobi yang sempat tertunda. Sedikit waktu yang bisa digunakan untuk menyenangkan diri sendiri hadirkan kebahagiaan yang membuat hati bisa lebih nyaman.

 

 

3. Asah Kelebihan yang Dimiliki

Saat kamu bisa memaksimalkan kelebihan diri dan bisa menghasilkan sesuatu dari hal tersebut, ada kepuasan batin yang tercapai. Mengasah kelebihan diri dan bisa membuat dampak baik dapat hadirkan makna hidup yang lebih indah. Kepuasan batin dan makna hidup ini pun bisa mendatangkan kebahagiaan yang melegakan hati. Walau segalanya masih serba pas-pasan, kemauan dan kemampuanmu mengasah kelebihan diri akan hadirkan harapan hidup yang lebih baik.

 

 

4. Kurangi Kebiasaan Menyalahkan Pihak Lain

Tak perlu menyalahkan keadaan saat kamu merasa tidak bahagia. Tak usah menyalahkan orang lain saat kamu merasa hidupmu selalu merana. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu, jadi tak usah menyalahkan pihak mana pun karena itu takkan memperbaiki apa-apa.

 

 

5. Isi Waktu dengan Kegiatan Produktif

Kebahagiaan bisa hadir saat kamu bisa mengelola waktu dengan baik. Hidup yang serba pas-pasan jangan sampai menjadi penghambatmu untuk tetap menjalani rutinitas dengan produktif. Yakini saja bahwa semua kerja keras dan usaha yang kamu lakukan saat ini bisa hadirkan kebaikan tersendiri. Kalau hidup yang pas-pasan terus diratapi, maka keadaan tak akan pernah membaik.

Hati yang bahagia bisa kamu hadirkan dengan cara-cara yang sederhana. Semoga kamu pun bisa kembali tersenyum menjalani harimu saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading