Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Bisa Mengatasi Masalah yang Datang Silih Berganti

Fimela.com, Jakarta Masalah yang datang silih berganti memang bisa menimbulkan rasa tertekan sendiri. Hidup pun jadi makin berat untuk dijalani. Kalau sudah begini, semangat dan motivasi hidup pun perlahan menghilang.

Sekarang coba ambil waktu sejenak untuk mengumpulkan optimisme dirimu. Temukan kembali kekuatan dan kelebihanmu. Bisa jadi selama ini kamu sudah memiliki kemampuan untuk mengatasi setiap masalah hidup yang hadir dalam hidupmu. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

 

 

1. Bisa Mengambil Hikmah dari Setiap Pengalaman

Setiap pengalaman dan hal-hal menyulitkan yang kamu hadapi bisa kamu sikapi dengan sudut pandang yang positif. Selama kamu bisa memetik pelajaran atau mengambil hikmah dari setiap pengalaman yang ada, maka yakin saja bahwa setiap masalah yang ada akan membantumu jadi pribadi yang lebih dewasa dan kuat lagi. Caramu menyikapi kehidupan dengan sudut pandang positif membantumu bisa lebih mudah bertahan hadapi masa-masa sulit.

 

 

2. Senantiasa Mencintai Diri Sendiri

Saat kamu masih bisa menghargai kehidupan dan mencintai diri sendiri dengan baik, maka kamu akan selalu bisa menemukan jalan keluar atau solusi dari setiap persoalan yang ada. Mengutip buku How to Respect Myself, mencintai diri sendiri sama seperti ada bersama teman yang terhubung secara batin. Bisa mencintai diri sendiri akan memudahkan kita untuk merasa nyaman setiap kali bercermin. Setidaknya dengan kemampuan ini, kamu tahu bahwa hidupmu bermakna dan setiap persoalan yang hadir tak lepas dari perjalanan hidupmu tersebut.

 

 

3. Dapat Menerapkan Dikotomi Kendali

Kemampuanmu menerapkan dikotomi kendali bisa membuatmu bisa lebih mudah bertahan lewati masa sulit yang ada. Mengutip buku Merawat Luka Batin, dikotomi kendali kurang lebih berbunyi seperti ini: "Dalam dunia ini ada sebagian hal yang bisa kita kendalikan dan ada sebagian hal lain yang tidak bisa ktia kendalikan." Ketika kamu bisa berlapang dada menerima hal-hal yang tak bisa diubah dan masih punya semangat melakukan upaya terbaik pada hal yang masih bisa diusahakan atau diperbaiki, maka mentalmu bisa lebih kuat lagi.

 

 

4. Mampu Menyesuaikan Ekspektasi dengan Realitas

Kalau kita terlalu kaku dalam menjalani hidup, kita bisa mudah stres dan tertekan sendiri. Ketika menghadapi masalah hidup yang datang silih berganti, sikap fleksibel dalam menata ulang ekspektasi dan prioritas bisa memudahkanmu mencari jalan keluar terbaik dari persoalan yang ada. Bisa menyikapi satu pintu yang tertutup dengan membuka pintu-pintu baru yang lain membuatmu bisa bertahan hadapi masa sulit dan bangkit dari titik terendah hidupmu.

 

 

5. Mampu Berdamai dengan Ketidakpastian Hidup

Mengutip buku The Comfort Book, "Ketidakpastian menimbulkan kecemasan. Ketidakpastian dan kecemasan berkaitan erat. Semakin kita cemas, semakin sulit kita menenggang ketidakpastian." Kadang yang menyulitkan kita hadapi masalah hidup adalah dihantui rasa cemas yang berlebihan. Di sini kita perlu mengurangi rasa cemas dengan berdamai hadapi ketidakpastian yang ada. Akui bahwa ketidakpastian itu memang bagian dari realitas sehingga kita bisa lebih mawas diri dalam menjalani keseharian.

Semoga apa pun masalah yang kamu hadapi, ada jalan keluar terbaik yang bisa kamu dapatkan, ya. Yakin saja bahwa di balik setiap kesulitan yang kamu hadapi, ada kemudahan yang senantiasa menemani.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading