Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengurangi Sampah Plastik, Lebih Ramah Lingkungan dan Lebih Hemat

Fimela.com, Jakarta Sampah plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit diurai. Jadi ketika sampah dibuang, sampah plastik akan tetap ada di sana sampai bertahun-tahun. Bahkan menurut sebuah penelitian, sejak pertama kali kantong plastik diciptakan pada 1959, 60 persen masih ada dan terhitung mencemari lingkungan sampai tahun 2015.

Tahukah kamu kalau Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sampah terbesar di dunia? Padahal tingkat daur ulang sampah plastik di Indonesia masih rendah.

Sampah plastik yang dibiarkan terus menerus, bahkan tidak ada upaya untuk menguranginya bisa berpotensi mencemari lingkungan. Apa yang terjadi kalau lingkungan kita tercemar? 

Bayangkan saja air yang kamu gunakan untuk minum, mandi dan mencuci baju tercemar oleh sampah plastik yang kotor dan mengandung berbagai macam zat kimia yang berbahaya. Alhasil air tersebut tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membuat keberlangsungan hidup kita terancam.

Oleh karena itu, sebisa mungkin dari kita sendiri mencoba untuk mengurangi penggunaan plastik agar sampahnya pun bisa berkurang dan mengurangi kemungkinan sampah plastik mencemari lingkungan kita. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plasti. Cara-cara ini juga bisa membuatmu jadi lebih hemat lho!

1. Bawa Tas Belanja Sendiri

Di sebagian besar pusat perbelanjaan besar sudah diberlakukan peraturan tentang kantong plastik berbayar, namun tidak sedikit yang rela mengeluarkan uang untuk tetap menggunakan kantong plastik.

Alangkah baiknya jika kamu bisa bawa tas belanja berbahan kain yang kuat dan bisa dipakai terus-menerus.

Carilah tas belanja dengan berbagai ukuran agar bisa disesuaikan dengan belanjaanmu. Dengan begitu kamu akan sangat mengurangi penggunaan kantong plastik.

2. Daripada Beli Lebih Baik Bawa Botol Minum Sendiri

Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan botol plastik kemasan. Apalagi, sekarang banyak gerai minuman yang menawarkan potongan harga jika kamu menggunakan botol minum sendiri. Botol minum juga sudah pasti aman dipakai berulang-ulang, tidak seperti botol plastik kemasan.

3. Biasakan Masak di Rumah

Ternyata masak sendiri bisa jadi salah satu cara mengurangi sampah plastik lho, Sahabat Fimela! Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat ini sudah banyak aplikasi online yang menawarkan untuk mengantarkan makanan yang dipesan sampai ke rumahmu. Memang memudahkan sih, namun sayangnya proses pengantaran ini memerlukan banyak sekali plastik.

Ketika kamu memesan makanan, coba hitung berapa banyak plastik yang kamu dapatkan. Dibandingkan dengan memasak sendiri, kamu pasti sudah mengurangi banyak sampah plastik yang berpotensi terbuang dan menumpuk.

4. Beli Ukuran Besar

Membeli barang dalam ukuran yang lebih besar ternyata juga bisa membantu mengurangi sampah plastik. Misalnya membeli pewangi pakaian. Biasanya pewangi pakaian yang berukuran kecil dijual serenteng dan membutuhkan lebih banyak plastik dibandingkan pewangi pakaian yang berukuran besar sekaligus.

5. Kurangi Pemakaian Microbeads

Microbeads adalah partikel kecil yang terbuat dari plastik. Biasanya terdapat di sabun mandi, pasta gigi dan beberapa produk kecantikan seperti scrub wajah.

Ukurannya memang sangat kecil, tapi justru bisa menyebabkan microbeads ini termakan oleh hewan laut.

Solusinya, kamu bisa perhatikan kandungan di dalam produk-produk tersebut dan menghindari produk yang mengandung plastik di dalamnya.

6. Daur Ulang

Selanjutnya, terlebih dulu pilah-pilah kemasan plastik yang bisa kamu pakai ulang. Kalau sudah terkumpul yang tidak bisa dipakai ulang, coba deh perhatikan di bagian bawah kemasan plastik.

Jika bertuliskan 1(PET), makan kemasan plastik tersebut dapat diterima oleh perusahaan daur ulang. Lalu luangkan waktu sebentar untuk mencari perusahaan daur ulang di dekat tempat tinggalmu.

7. Pakai Kardus Untuk Bungkus Paket

Bagi para pemilik online shop, mungkin langkah ini agak sulit ya. Namun kamu bisa kok upayakan untuk meminimalisir penggunaan plastik ketika membungkus paket yang akan kamu kirimkan dengan cara mengganti bungkus paketnya dengan kardus.

Itulah beberapa cara mengurangi sampah plastik yang bisa kamu lakukan. Selain untuk menyelamatkan lingkungan, cara-cara tersebut juga bisa membuatmu lebih hemat lho, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading