Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Bersikap Toxic ke Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Apa itu sikap toxic? Mengutip dari laman merdeka.com, toxic adalah istilah untuk seseorang yang “beracun” atau sifat pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik itu secara fisik ataupun emosional. Sikap toxic tak hanya berlaku pada orang lain. Sikap toxic ini juga bisa berlaku untuk diri sendiri. 

Sikap toxic ke diri sendiri adalah hal yang pantang untuk dilakukan. Karena ini bisa berdampak buruk terhadap kebahagiaan dan kenyamanan diri. Toxic ke diri sendiri juga rentan membuat seseorang kurang bisa menikmati hidupnya. Biasanya, sikap ini muncul ketika seseorang mulai tidak melakukan self love. 

Apa saja kira-kira tandanya jika seseorang toxic ke diri sendiri? Ini beberapa tanda yang bisa kamu lihat. Cari tahu apakah kamu termasuk pribadi yang toxic ke diri sendiri. 

Kritis Terhadap Diri Sendiri

Tanda pertama ketika kamu toxic ke diri sendiri adalah, kamu terlalu kritis padamu maupun pada orang lain. Kamu akan terpuruk dalam kesalahan yang kamu buat sendiri. Kamu terlalu menyalahkan diri ketika melakukan sesuatu yang kurang baik menurutmu. Kamu cenderung tidak memaafkan atas kesalahan yang kamu lakukan, baik karena kesengajaan maupun tanpa kesengajaan.

Sering Mendahulukan Kepentingan Orang Lain

Mendahulukan kepentingan orang lain sebenarnya adalah sikap yang baik. Tapi, jika kamu sudah berlebihan akan hal ini, itu menandakan bahwa kamu toxic ke diri sendiri. Ketika kamu rela mengorbankan kepentingan dan kebahagiaanmu secara terus menerus ke orang lain, ini menunjukkan kamu tidak menghargai dan mencintai dirimu sendiri. Ada kalanya kamu tetap harus menjaga kepentingan dirimu sendiri.

Berbohong untuk Terlihat Bahagia

Pernahkah kamu melakukan hal ini? Ketika kamu sering berbohong untuk terlihat bahagia di hadapan orang lain, ini juga menunjukkan kamu toxic ke diri sendiri. Meski ini bertujuan untuk terlihat tegar dan kuat di hadapan orang lain, ini adalah hal yang tidak baik. Kamu harus jujur dengan diri sendiri pun orang lain atas apa yang kamu alami.

Membenarkan Kebiasaan Buruk

Kamu yang toxic ke diri sendiri juga rentan membenarkan kebiasaan buruk dan salah. Meski kamu tahu apa yang kamu lakukan salah, kamu akan tetap melakukannya. Kebiasaan ini bisa berupa kebiasaan foya-foya, bermalas-malasan, menumpuk pekerjaan dan mempertahankan pasangan yang sering kali menyakitimu. Kamu tidak jarang membenarkan kebiasaan yang membuatmu menderita tapi kamu selalu memaksa bahagia. 

Ingin Diakui Orang Lain

Tanda selanjutnya jika kamu toxic ke diri sendiri adalah, kamu ingin diakui oleh orang lain. Kamu melakukan berbagai cara untuk hal ini. Bahkan, kamu tak segan untuk melakukan cara yang salah. Kamu yang bahagia saat orang lain memujimu, menandakan bahwa kamu belum mencintai diri dengan baik sepenuhnya. 

Itulah sekian tanda bahwa kamu sedang bersikap toxic ke diri sendiri. Apakah kamu pernah melakukannya Sahabat Fimela? Yuk, lebih bijak dalam bersikap dan berperilaku, terutama dalam hal mencintai dan menghargai diri sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading