Sukses

Lifestyle

8 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Fimela.com, Jakarta Bau mulut memang sangat mengganggu, baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang sedang berbicara denganmu. Selain itu, bau mulut juga bisa membuat kepercayaan diri menurun. Bau mulut juga bisa mempengaruhi penilaian seseorang terhadapmu. Oleh karena itu, bau mulut memang sangat berpengaruh pada penampilan kita secara menyeluruh.

Bau mulut umumnya disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena makanan yang punya rasa atau aroma yang kuat, contohnya seperti buah durian. Bau mulut juga bisa terjadi karena adanya bakteri di mulut. Terkadang bau mulut bisa hilang dengan sikat gigi rutin setelah makan. Namun tidak jarang pula bau mulut tetap ada meskipun sudah sikat gigi.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bau mulut yang kamu alami. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Jus Nanas

Minum jus nanas atau mengunyah irisan nanas setiap makan selama 1-2 menit bisa mengusir bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dengan gula setelah makan atau minum jus nanas.

2. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di tubuh, seperti usus. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut. International Association for Dental Research menemukan, setelah 6 minggu mengonsumsi yoghurt, 80% partisipan mampu mengurangi bau mulutnya. Probiotik dalam yoghurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Cara menggunakannya, cukup mengonsumsi seporsi yoghurt tawar tanpa lemak per hari.

3. Teh Hijau

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang menyegarkan napas. Mint juga memiliki efek serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi penyegar napas yang ideal.

Caranya, seduh 2 cangkir teh hijau sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Tuangkan teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol air dan bawa ke kantor. Minumlah perlahan-lahan sepanjang hari.

4. Jeruk

Selain menambah asupan vitamin C, jeruk juga mampu jadi penghilang bau mulut. Banyak orang memiliki bau mulut karena tidak menghasilkan air liur cukup untuk membersihkan bakteri busuk. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk itulah yang membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan bau mulut.

5. Cengkeh

Dilansir dari Asia Pacific Journal of Tropical Biomedicine, cengkeh kaya akan eugenol, yakni antibakteri kuat.

Cukup masukkan satu cengkeh ke dalam mulut dan gosok dengan gigi. Minyak aromatik yang menyengat bisa meresap ke mulut dan mengatasi bau napas.

Tapi, jangan gunakan minyak dan bubuk cengkeh untuk mengatasi bau mulut. Karena 2 bahan alami tersebut bersifat sangat kuat dan bisa menyebabkan luka bakar.

6. Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk memberikan aroma sedap pada makanan dan minuman. Ternyata, kayu manis juga bisa mengatasi bau mulut.

Caranya, cukup mengisap batang kayu manis seperti cengkeh untuk menghilangkan bau napas. Karena, kayu manis memiliki sifat antiseptik yang kuat.

7. Daun Basil dan Peterseli

Peterseli dan basil bisa membantu mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Polifenol dalam makanan ini bisa memecah senyawa sulfur dalam bawang putih.

Kamu bisa mengonsumsi ramuan ini secara terpisah dari bawang putih untuk mendapatkan manfaat polifenolnya.

8. Buah Ceri dan Selada

Menurut ahli gizi David Grotto, ceri dan selada juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua makanan ini membantu menghilangkan bau metil mercaptan dan bau busuk lainnya yang disebabkan bakteri di mulut.

Itulah 8 bahan alami yang bisa membantumu menghilangkan bau mulut yang kamu alami. Semoga bisa membantumu dalam menghilangkan bau mulutmu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading