Sukses

Lifestyle

5 Tips Membangun Rumah Anti Mainstream dengan Desain Modern yang Sesuai Budget

Fimela.com, Jakarta Generasi milenial disebut tidak bisa membeli rumah akibat bunga KPR dan harga tanah yang kian melonjak. Sebagai solusi, kini hadir rumah tumbuh yang telah menjadi tren di Indonesia.

Rumah tumbuh sendiri mengangkat konsep rumah yang dibangun secara bertahap. Sehingga generasi milenial bisa menyesuaikan desain sekaligus budget yang dikeluarkan. Konsep rumah tumbuh ini banyak diminati oleh pasangan muda atau keluarga yang berjumlah dua hingga empat orang karena bisa dilakukan dengan minim budget dan memaksimalkan lahan yang ada.

Melihat tren rumah tumbuh yang semakin banyak diminati, Nodes Studio hadir sebagai konsultan desain interior dan bangunan berkonsep modern kontemporer dengan sentuhan estetik, fresh & bolt favorit anak muda masa kini.

Berpengalaman dalam desain & build, Nodes Studio memberikan 5 tips dan trik bangun rumah tumbuh anti-mainstream favorit milenial yang bisa kalian jadikan referensi, sebagai berikut:

 

1. Perencanaan Konsep Rumah Tumbuh secara Keseluruhan

Terdapat dua konsep rumah tumbuh, yaitu rumah tumbuh vertikal atau rumah tumbuh horizontal, jika Anda memiliki lahan yang kecil, jenis rumah tumbuh vertikal adalah solusinya dengan menambah satu atau dua lantai ke atas. Kemudian konsultasikan perencanaan kepada konsultan desain interior berpengalaman, karena matangnya perencanaan sedari awal akan mempengaruhi kekuatan struktur bangunan rumah.

 

2. Membuat rencana budget bangunan secara detail

Buatlah rencana anggaran pembangunan secara detail disesuaikan dengan dana yang disiapkan saat ini, Nodes Studio pun dapat membantu kamu untuk menghitung anggaran budget, supaya pembangunan berjalan sesuai rencana untuk menghindari over budget.

 

 

3. Menentukan skala prioritas ruangan yang ingin dibangunM

enentukan ruangan apa saja yang ingin dibangun terlebih dahulu, misal kamar tidur, kamar mandi dan dapur dimana anggota keluarga sering beraktifitas di ruangan tersebu. Jika lahan terbatas, kita bisa membuat ruang multifungsi seperti ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Kemudian perencanaan di tahap selanjutnya, menentukan perencanaan di mana letak tangga, letak taman, letak tandon air, letak kelistrikan dan sebagainya.

 

4. Perhatikan Tampilan atau Landsape rumah

Untuk mempercantikan tampilan eksterior di tahap pertama dan selanjutnya, kamu bisa menyewa jasa arsitek tampilan fasad dan landscape rumah kamu agar lebih menarik, simple dan astetik untuk membuat banyak orang tidak mengetahui kalau rumah kita sebenarnya masih dapat dibangun kembali.

 

5. Memanfaatkan furnitur multifungsi dan konsep desain rumah

Meskipun memiliki lahan yang terbatas, mendesain dan mempercantik rumah tidak hanya menambah jumlah lantai, tapi penting memanfaatkan furnitur multifungsi atau memberikan sekat/dinding untuk menambah fungsi ruangan. Tentukan konsep desain, kombinasi warna untuk rumah dan ruangan anda sedari awal secara konsisten untuk menghindari konsep desain dan warna yang berbeda di setiap ruangannya. Nodes Studio pun juga dapat membantu merekomendasikan konsep furniture dan menyediakan furniture yg fungsional yang disesuaikan dengan kebutuhan klien

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading