Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Perempuan yang Cerdas dan Dewasa secara Emosional

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita merasa lelah harus menghadapi orang-orang yang kekanak-kanakan, baik cara berpikir maupun bersikapnya. Seseorang harus mengalami banyak perubahan atau perkembangan karakter sehingga bisa menjadi pere,puan yang disebut cerdas dan dewasa secara emosional. Kecerdasan emosional itu bisa dilihat dari sikap yang ditunjukkan sehari-hari. Jika penasaran apakah kamu termasuk perempuan yang cerdas dan dewasa secara emosional, cek apakah kamu memiliki sekian tanda ini!

1. Berpikiran fleksibel dan realistis

Kamu adalah perempuan dewasa secara emosional jika tidak mudah berasumsi bahwa segala sesuatunya akan berjalan sesuai rencana. Kamu memiliki pemikiran yang fleksibel, tidak kaku atau terpatok bahwa sesuatu harus A dan B. Kamu juga tidak membiasakan diri untuk berekspektasi terlalu tinggi. Ketika situasinya tidak berjalan seperti yang kamu kira, tidak lantas menggerutu atau marah-marah. Orang yang matang secara emosional dapat memikirkan rencana B, C atau D untuk mengatasi situasi yang sudah terjadi. Tetap bergerak mau tidak membiarkan situasi merusak mood-mu.

2. Mau bertanggung jawab

Orang yang matang secara emosional mampu mengakui kesalahannya sendiri dan tidak langsung menyalahkan orang lain. Kedewasaan dan kecerdasan emosional ini ditunjukkan dari kejujuran dan penerimaan yang besar akan realita atau kenyataan. Kamu menganaliasis apa yang salah, kemudian introspeksi diri. Ketika kamu tahu dirimu salah, kamu mengambil tanggung jawab atas tindakanmu. Memperbaiki keadaan lalu belajar dari kesalahan, dan mengakui kesalahan tidak membuatmu malu atau menjatuhkan harga dirimu.

3. Sadar bahwa dirinya tidak tahu segalanya

Perempuan cerdas dan dewasa secara emosional juga memiliki kesadaran diri yang tinggi, salah satunya merasa bahwa dirinya tidak tahu segalanya. Di dunia yang begitu besar ini, kamu hanyalah manusia kecil yang terbatas secara pengetahuan dan tidak selalu benar. Kamu sadar bahwa caramu melakukan sesuatu selama ini mungkin bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan, dan mungkin juga bukan cara yang terbaik. Akan selalu ada banyak kemungkinan, jadi kamu membuka hati, mata dan telinga untuk selalu belajar sesuatu.

4. Aktif mencari berbagai sudut pandang

Perempuan cerdas secara emosional juga membiasakan diri berpikiran terbuka, aktif mencari sudut pandang baru sehingga ia tidak memiliki pikiran yang mandek dan kaku. Kamu mengutarakan sudut pandangmu, tapi juga belajar memahami sudut pandang orang lain. Kamu tidak merasa terganggu dengan perbedaan atau ketidaksepakatan, justru mencari lebih banyak informasi untuk mempertanyakan keyakinanmu sendiri yang kamu anggap benar selama ini. Ini bukan tentang argumen untuk membuktikan siapa yang benar, tapi untuk memperjelas sudut pandang sendiri, karena siapa tahu selama ini kamulah yang salah.

5. Percaya diri

Orang-orang yang matang secara emosional tidak memiliki rasa benci atau ragu pada diri sendiri. Kamu mampu mengenali kelebihanmu dan mengakui kelemahanmu. Kamu tidak membangun citra diri dengan berbasis ego dan gengsi, tapi menjadi diri sendiri. Kamu memiliki optimisme dalam setiap hal yang kamu kerjakan. Kamu juga memiliki keseimbangan dalam menggunakan emosi dan rasionalitas pikiran. Kamu stabil secara psikologis, tidak suka menjatuhkan orang lain hanya untuk merasa lebih baik.

Jadi jika kamu memiliki semua poin di atas, kemungkinan besar kamu termasuk perempuan yang cerdas dan dewasa secara emosional, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading