Sukses

Lifestyle

5 Tanda Perempuan yang Memiliki Mental Kuat Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Saat mental kita lemah, kondisi tubuh pun bisa ikut lemah, dan hal ini bisa mempengaruhi kualitas hidup kita secara keseluruhan. Kalau kita merasa kesehatan mental kita terganggu, ada baiknya untuk segera mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater.

Kali ini kita akan membahas soal tanda umum yang dimiliki perempuan bermental kuat. Tanda-tanda ini berdasarkan pola pikir yang lebih seimbang yang bisa membantu kita menjalani hidup dengan hati yang lebih damai. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Memiliki Kemampuan Memetik Hikmah dari Kejadian yang Ada

Saat kamu bisa memetik hikmah atau pelajaran dari kejadian atau pengalaman yang ada, kamu bisa lebih mudah bertahan menjalani dan melewati masa sulit. Di film dokumenter berjudul Stutz tentang menyikapi hal-hal tak menyenangkan dalam hidup ada kutipan yang menarik, isinya, "Memetik pelajaran berarti menemukan sesuatu yang bermakna. Mencoba tak terlalu terlibat dengan banyak hal negatif, tapi melatih diri untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan." Kemampuan memetik pelajaran dari pengalaman yang ada akan memudahkanmu untuk bisa mencari titik tengah untuk bisa bertahan hadapi masa sulit yang ada.

 

 

2. Mempunyai Kemampuan Menghargai Kehidupan

Walau tak semuanya bisa berjalan indah dan lancar sesuai keinginan, tapi selama kamu masih bisa menghargai hidup yang kamu punya maka kamu akan senantiasa punya kekuatan untuk melangkah ke depan dalam hidup. Mungkin kehidupanmu tak seindah bayanganmu. Akan tetapi, selama kamu masih bisa tersenyum menyambut harimu dan mengisi keseharian dengan rutinitas yang bermakna, kamu bisa bertahan jalani hidup dengan hati yang kuat.

 

 

3. Memiliki Kesungguhan dalam Belajar Meregulasi Emosi

Mengutip buku How to Love, emosi itu seperti cuaca, selalu berubah dari waktu ke waktu. Meregulasi emosi dan menata perasaan memang bukan hal yang mudah. Namun, saat kita punya kesadaran untuk belajar memahami diri dan meregulasi emosi dengan baik, maka kita bisa memiliki hati dan jiwa yang lebih kuat untuk menjalani hidup sebaik mungkin. Menjadi kuat bukan berarti menolak bantuan, melainkan mengizinkan diri untuk mencari bantuan jika memang diperlukan demi kebaikan diri dan orang-orang terdekatmu.

 

 

4. Memiliki Keterbukaan Menerima Ketidaksempurnaan

Ada hal-hal yang memang tidak bisa kamu kendalikan, dan ada juga hal-hal yang masih bisa kamu perbaiki dan upayakan lebih baik lagi. Selain itu, ketidaksempurnaan pun mungkin masih harus datang menghampiri keseharianmu. Saat kamu bisa berdamai dengan ketidaksempurnaan yang ada, kamu bisa memiliki hati yang lebih lapang untuk menjalani hidup dengan lebih baik dan kuat lagi.

 

 

5. Mempunyai Semangat Belajar Hal-Hal Baru

Makin banyak hal baru yang kamu pahami dan pelajari, kamu bisa lebih tenang menyikapi persoalan atau masalah hidup yang baru. Setidaknya dengan adanya bekal pemahaman dan pengetahuan yang cukup, kamu bisa lebih mawas diri dalam menghadapi hal-hal yang terjadi di luar dugaanmu. Semangatmu belajar hal baru dan mencoba berbagai pengalaman baru bisa membuat dirimu juga bisa lebih tegar menghadapi berbagai persoalan hidup.

Itu tadi lima tanda umum perempuan yang bermental kuat. Semoga bisa jadi informasi yang membuatmu lebih semangat dan optimistis dalam menjalani hidup, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading