Sukses

Lifestyle

Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan oleh Calon Ibu Selama Masa Kehamilan, Bisa Bikin Anak Tumbuh Cerdas

Fimela.com, Jakarta Untuk sebagian perempuan, kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi karena anak adalah anugerah besar yang diberikan oleh Sang Kuasa. Itulah mengapa kehamilan harus senantiasa dijaga selama kurang lebih 9 bulan lamanya.

Akan tetapi, menjadi perempuan yang sedang hamil tentu saja dapat menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh. Di antaranya adalah hormon dan fungsi kekebalan tubuh. Berbagai perubahan ini kerapkali mendorong para calon ibu untuk lebih merawat diri dengan baik. Sehingga, ibu dan bayi bisa tetap merasa aman dan sehat. 

Lantas, apa saja sih yang harus diterapkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan berlangsung?

Perbanyak Minum Air Putih dan Susu Khusus Ibu Hamil

Para ibu hamil pada dasarnya diharuskan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka. Pasalnya, mengonsumsi air putih sendiri dapat menghindarkan calon ibu dari dehidrasi dan kelahiran prematur. Oleh karena itu, disarankan agar para calon ibu untuk selalu membawa botol air minum ke manapun saat pergi.

Selain itu, pastikan pula untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Susu merupakan sumber nutrisi dan gizi yang dapat mendukung kesehatan sang ibu dan calon buah hati selama menjalani kehamilan. Selain itu, produk ini pun nyatanya juga dapat membantu perkembangan janin intrauterin karena memiliki semua ragam vitamin, seperti vitamin A, B, dan D.

Olahraga Secara Teratur Selama Menjalani Kehamilan

Meskipun tubuh terasa lebih berat, namun ibu hamil tetap harus bergerak aktif biar kesehatan bisa terjaga. Bahkan, menurut sebuah penelitian, calon ibu yang rajin berolahraga dapat meningkatkan fungsi otak bayi, lho. Nggak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jalan santai atau yoga ringan saja selama 30 menit. Sehingga, manfaat baiknya bisa didapatkan bagi tubuh dan calon buah hati.

Jaga Asupan Suplemen

Asupan suplemen juga harus diperhatikan selama menjalani kehamilan. Salah satunya adalah asam folat. Dengan rutin mengonsumsi vitamin prenatal ini, ibu bisa mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf seperti spina bifida. Selain itu, penuhi pula asupan zat besi yang bisa berikan oksigen pada bayi di dalam kandungan. 

Ajak Calon Bayi Bicara Sejak di Dalam Kandungan

Sering-seringlah mengajak calon buah hati mengobrol selagi masih di dalam kandungan. Sebab, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik pada tumbuh kembangnya. Di antaranya adalah membuat anak menjadi lebih muda dalam mengingat kosa kata ketika dirinya lahir. Selain itu, kecerdasan otaknya pun bisa lebih baik dan anak akan jadi lebih mudah dalam menyerap informasi yang ada di sekitarnya.

Well, itulah tadi beberapa kebiasaan baik yang bisa dicoba selama masa kehamilan berlangsung. Berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas nyatanya bukan hanya mampu membuat janin lebih sehat dan cerdas, namun juga dapat melancarkan proses persalinan saat di hari-H.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading