Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengelola Rasa Tidak Nyaman Karena Stres

Fimela.com, Jakarta Kita sering mengatakan bahwa saat kita merasakan tekanan dan ketegangan dengan semua hal di sekitar kita, kita menjadi "stres". Nah, merasakan stres itu normal, karena itu terjadi di hampir setiap aspek kehidupan kita. Dan meskipun itu adalah sesuatu yang tidak pernah bisa kita singkirkan, stres sebenarnya cukup bisa dikendalikan. Faktanya, stres bisa baik atau buruk, tergantung bagaimana kamu menangani situasi tersebut. Jadi bagaimana stres harus dikelola? Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Mulailah Hari dengan Berbagai Macam Inspirasi Pagi 

Ada hari-hari baik, dan ada hari-hari buruk. Namun, hari-hari semuanya dimulai di pagi hari, dan entah bagaimana kamu dapat mengubah jalannya nanti dengan mengingat inspirasi. Kamu mungkin ingin bangun di pagi hari dan melafalkan mantra yang membangkitkan semangatmu atau memikirkan orang-orang dan hal-hal yang memotivasimu untuk melakukan yang terbaik.

Inspirasi pagi seperti sarapan, mereka menyegarkan pola pikir dan memberi hati dengan getaran positif. Oleh karena itu, terlepas dari ketegangan dan tekanan yang mungkin ditimbulkan oleh sisa hari itu, kamu dapat mengatasinya dengan lebih mudah karena kamu membawa inspirasi di dalam hatimu.

2. Tetaplah Terhubung dengan Orang Terdekat

Stres terkadang bisa menguras tenaga, dan perasaan itu bisa menjadi lebih buruk saat kamu jauh dari orang yang kamu cintai. Saat berada dalam situasi seperti itu, jangan lupa untuk menghubungi keluarga dan teman atau orang yang benar-benar kamu hargai. Mengobrol dengan mereka di Facebook, melalui teks, atau menelepon mereka. Kamu mungkin belum tentu terbuka tentang perasaanmu, tetapi mendengar dari mereka akan benar-benar menyalurkan perasaan yang baik karena kamu tahu bahwa kamu mendengar dari orang yang kamu sayangi dan sebaliknya.

3. Cobalah untuk Berjalan-jalan

Berjalan-jalan selalu membantu dalam mengelola stres. Kamu tidak hanya mendapatkan latihan cepat, tetapi berjalan juga memberimu istirahat dari rutinitasmu. Berjalan membawa kamu ke berbagai tempat dan menawarkan perubahan pemandangan. Dan ketika kamu stres, hal-hal ini penting karena kamu juga mendapatkan perubahan cara pandang seiring dengan perubahan lingkungan. Dan ya, seringkali, hanya perubahan perspektif yang diperlukan untuk mengurangi stres.

4. Banyak Minum Air Putih

Air membuatmu tetap terhidrasi. Itu juga membuat otak tetap terpelihara dan terisi dengan oksigen yang dibutuhkannya untuk berfungsi secara efektif. Oleh karena itu, minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk berpikir dan memutuskan dengan benar, terutama di saat-saat stres. Dan ya, saat kamu mulai merasakan tekanan, minumlah segelas air untuk menenangkan indera dan menenangkan emosimu.

5. Cobalah untuk Memiliki Hewan Peliharaan

Beberapa orang lebih suka hidup sendiri, dan pengaturan ini bisa merugikan saat menghadapi banyak stres. Ini karena mereka tidak memiliki siapa-siapa ketika mereka dibebani dengan ketegangan dan tekanan seketika. Jika kamu salah satu dari orang-orang ini, kamu disarankan untuk memelihara hewan peliharaan.

Stres yang tidak segera diatasi dapat membuat seseorang mengalami depresi. Tentu, ada banyak hal sederhana yang bisa membantumu mengatasi rasa tidak nyaman pada diri sendiri karena stres. 

Loading