Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Sering Jajan

Fimela.com, Jakarta Jajan adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak orang. Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun juga suka untuk jajan. Ketika menyimpan banyak uang, kita seringkali membeli banyak barang atau makanan secara impulsif hanya untuk memuaskan hati, padahal kita tahu bahwa kita tidak terlalu membutuhkannya. Ada pun sebagian orang yang sering jajan untuk menjadi solusi saat sedih.

Walaupun jumlah jajanmu perhari tidak terlalu besar, namun jika ditotalkan selama satu bulan, jumlah uang yang kamu keluarkan bisa sangat banyak. Jika Sahabat Fimela merasa sangat boros, sudah saatnya bagimu untuk mengatur keuangan dengan baik. Lantas, bagaimana caranya? Simak selengkapnya berikut ini, ya. 

1. Berpikir Jangka Panjang

Sebelum kamu membeli sesuatu, pastikan kamu berpikir bijak tentang barang tersebut. Pikirkan apakah barang itu penting atau tidak, apakah barang itu dibutuhkan dengan segara atau tidak. Prioritaskan uang untuk membeli barang yang berguna. Jangan mudah tergoda untuk membeli barang yang tidak diperlukan dalam waktu dekat. Jika kamu ragu, beri dirimu waktu satu minggu untuk memikirkannya. Kurun waktu ini baik agar kamu bisa memutuskan akan membelinya atau tidak. 

2. Hindari Menyimpan Cash dengan Jumlah Banyak

Cara satu ini sangat ampuh untuk dicoba jika ingin menghemat uang. Saat kita menyimpan cash dengan jumlah yang banyak, tanpa sadar kita akan menggunakan uang itu. Uang tunai yang tersimpan mengalir keluar dengan cepat seperti air. Walau hanya jajan dengan harga yang murah, namun jika sering dilakukan akan terasa banyak. Oleh karena itu, simpan saja uang tunai dengan jumlah sedikit hanya untuk jaga-jaga.

3. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Agar sitem keuangan mudah dipantau, pastikan kamu selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam satu buku dan ditulis dengan rapi. Cara ini sering dilakukan banyak orang untuk mengelola keuangan karena mereka bisa melihat berapa jumlah uang yang keluar dan dipakai untuk apa. Dengan ini, kamu bisa lebih menahan diri untuk jajan dan menghemat keuangan.

4. Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Saat merasa memiliki banyak uang, tanpa sadar kita mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti belanja baju padahal masih memiliki banyak stok baju, ataupun nongkrong. Sebenarnya tidak masalah nongkrong untuk melepas penat, namun jika dilakukan dengan sering akan menjadi boros. Apalagi melihat harga minuman dan makanan yang ditawarkan oleh banyak kafe cukup mahal. Jika ingin berkumpul dengan teman, cari alternatif tempat lain seperti bermain di rumah.

5. Membiasakan Diri dengan Membawa Bekal

Agar kamu tidak banyak jajan di luar, cobalah untuk membiasakan diri dengan membawa bekal dari rumah. Saat makan siang di kampus ataupun kantor, kamu bisa memakan bekal yang kamu masak dari rumah agar lebih hemat. Selain hemat, kamu jadi punya banyak pilihan masakan yang berbeda setiap hari dan tentu lebih sehat. Dan juga jangan lupa untuk membawa air minum dari rumah, ya. 

Itu dia 5 hal kecil yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menahan diri untuk tidak sering jajan. Cobalah untuk lebih hemat agar uangmu bisa digunakan ke hal yang lebih berguna dan kamu bisa berkesempatan untuk menabung. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading