Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Penting Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, dalam hitungan hari ke depan, umat muslim di seluruh dunia telah sampailah pada bulan yang penuh keberkahan dan keistimewaan yakni bulan Ramadan. Bagi Sahabat Fimela yang beragama muslim, sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut bulan Ramadan? 

Dengan datangnya bulan Ramadan, kita harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari persiapan hati, fisik, ekonomi hingga ilmu. Ada beberapa hal yang penting dipersiapkan untuk menyambut Ramadan agar makin berkah. Yuk, simak beberapa hal penting tersebut di bawah ini.

Siapkan Hati

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk menyambut Ramadan adalah siapkan hati. Persiapan hati di sini dimaksudkan bahwa hatimu memiliki keimanan dan keikhlasan terbaik. Siapkan iman untuk meyambut Ramadan dengan penuh suka cita. Dekatkan diri lagi kepada Sang Pencipta dan bersyukurah bahwa kamu telah sampai di bulan seribu bulan ini. Latih lagi hatimu agar bersih dari rasa iri, dengki, amarah, dendam pun kecewa yang menyebabkan putusnya tali silaturahim.

Siapkan Pikiran

Jadikan pikiranmu lebih rileks dan lebih tawakkal ke Sang Pencipta. Hindari berpikir negatif tentang apapun di dunia ini terutama tentang takdir dan kehidupan yang diberikan Tuhan padamu. Cobalah untuk berpikir lebih fokus dan positif. Pikiran yang rileks dan bahagia, akan membantumu menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan lebih bahagia pula.

Siapkan Imu

Akan lebih baik jika di bulan Ramadan kamu lebih banyak mengikuti kajian atau belajar lebih dalam tentang agama Islam. Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, kita membutuhkan ilmu yang yang cukup. Untuk menjadi penganut agama yang baik, kita pun harus memiliki ilmu cukup.

Dengan ilmu cukup, kita akan lebih tahu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tak boleh dilakukan. Dengan ilmu agama cukup, kita akan lebih waspada dan hati-hati dalam beribadah setiap harinya. Kita juga bisa mengontrol hawa nafsu dengan lebih baik selama berpuasa pun hari-hari setelahnya.

Siapkan Fisik

Untuk menjalani puasa Ramadan selama sebulan ke depan, kita tentu memerlukan fisik yang sehat. Fisik yang sehat sendiri sebagai salah satu rukun wajib berpuasa. Mulai benahi lagi pola hidup dan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Fisik yang sehat akan memudahkan kita menjalani ibadah puasa. Fisik yang sehat juga mendukung kita untuk tetap semangat beraktivitas setiap harinya, meski harus dengan menahan lapar, haus dan hawa nafsu lainnya. 

Siapkan Ekonomi Terbaik

Tanpa kita sadari, bulan Ramadan membuat pengeluaran lebih banyak. Untuk itu, penting bagi kita untuk menyiapkan dana Ramadan serta lebaran sejak jauh-jauh hari. Dengan ekonomi yang stabil, hati, pikiran dan fisik kita selama Ramadan akan lebih baik. Ekonomi yang baik juga memungkinkan kita mencari ilmu lebih baik selama Ramadan pun hari-hari setelahnya. 

Itulah sekian hal yang penting dipersiapkan sebelum menyambut bulan Ramadan. Bagi umat muslim di mana pun kamu berada, selamat menyambut datangnya bulan Ramadan. Semoga harimu senantiasa bahagia, penuh suka cita dan keikhlasan menyambut bulan penuh berkah yakni Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading