Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana agar Hatimu Makin Tenang Ramadan Ini

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan selalu menjadi momen yang spesial. Sebulan penuh menunaikan ibadah puasa bisa menghadirkan kenyamanan sendiri. Hati pun bisa makin tenang dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik.

Meningkatkan ibadah jelas menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak keberkahan di bulan suci ini. Selain itu ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa dimaksimalkan agar hati bisa makin tenang lagi. Berikut ini ada lima kebiasaan sederhana yang bila diterapkan dengan niat baik, hatimu bisa makin nyaman bahkan makin bahagia di bulan Ramadan ini.

 

 

1. Menghadirkan Niat Baik di Setiap Aktivitas

Dasari setiap hal yang kita lakukan dengan niat baik. Sekecil atau seremeh apa pun sesuatu yang kita lakukan, selama didasari niat baik maka yakin saja ada nilai kebaikan juga yang bisa kita dapatkan. Saat berpuasa, menunaikan ibadah sholat, hingga melakukan pekerjaan dan rutinitas yang ada, menyertakan niat semua itu dilakukan atas dasar ibadah kepada-Nya bisa hadirkan ketenangan batin sendiri.

 

 

2. Meluaskan Hati untuk Memaafkan

Saatnya untuk memperbaiki hati dengan lebih sering memaafkan. Latih diri untuk lebih ikhlas memaafkan. Mengutip buku Kosakata Keagamaan, kata ikhlas dari segai bahasa terambil dari kata khalasha yang maknanya berkisar pada "membersihkan dari yang bukan unsurnya." Jika dalam sebuah wadah terdapat sesuatu yang bercampur dengannya, maka upaya mengeluarkan yang mencampurinya dinamai mengikhlaskannya. Jernihkan hati dengan lebih sering memaafkan, maka perasaan tenang akan mengalir dengan sendirinya.

 

 

3. Melihat Sisi Baik dari Segala Sesuatu

Realitas kehidupan memang tak selalu tampak indah, tetapi kita bisa berusaha untuk melihat sisi baik dari segala sesuatu. Kebiasaan ini memang bisa cukup sulit untuk diterapkan. Bahkan bisa terasa sangat berat ketika kita sedang berada di kondisi sangat terpuruk atau sedang ada banyak masalah. Namun, saat mulai memberanikan diri untuk bisa lebih fokus melihat sisi baik dari segala sesuatu, hati kita bisa lebih tenagn lagi.

 

 

4. Menjaga Diri dari Sikap Berlebihan

Berpuasa tak lantas membuat kita bisa berlebihan makan sampai kelewat kenyang di waktu berbuka. Saat makan sahur, tak perlu sampai makan minum berlebihan karena takut bakal kelaparan di siang harinya. Tetaplah berusaha untuk melakukan segalanya degann cukup. Tak perlu sampai berlebihan. Hati pun bisa lebih tenang saat bisa menghadirkan perasaan serba cukup.

 

 

5. Meningkatkan Semangat Berbagi

Perbanyak sedekah di bulan Ramadan. Perbanyak lagi hal-hal baik untuk dibagi. Berbagi ilmu dan pengalaman baik juga bisa dilakukan. Berbagi kebahagiaan bisa dilakukan dari cara-cara sederhana juga. Hati yang senang dan terbiasa berbagi bisa merasakan lebih tenang. Kalau hati kita terlalu terikat dengan hal-hal yang bernilai duniawi, maka hanya kecemasan dan ketakutan yang akan menghampiri.

Semoga bulan suci kali ini kita bisa mendapatkan lebih banyak keberkahan, ya. Tetap semangat beribadahnya juga.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading