Sukses

Lifestyle

Beli Kulkas 1 Pintu atau 2 Pintu, Mana yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan?

Fimela.com, Jakarta Jadi tempat penyimpanan berbagai bahan makanan, kulkas menjadi salah satu peralatan elektronik yang paling penting di rumah. Kehadirannya jelas dibutuhkan untuk memudahkan para ibu ketika akan mengolah makanan untuk keluarga di rumah. Nggak perlu repot belanja setiap hari, simpan saja sayur dan bahan-bahan lainnya di dalam kulkas.

Saat akan membeli kulkas baru, biasanya yang dipikirkan adalah untuk keperluan jangka panjang, kurang lebih 10 tahun. Jadi, ketika akan membeli kulkas baru, ada banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Bingung memilih kulkas 1 pintu atau 2 pintu? Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan.

Kapasitas Penyimpanan

Salah satu perbedaan utama kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu adalah pada kapasitas penyimpanan. Kulkas 2 pintu biasanya dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang lebih lega. Bagi yang sering menyimpan daging atau makanan beku dalam jumlah besar, kulkas 2 pintu bisa jadi pilihan yang tepat karena dari sisi freezer yang juga terasa lebih luas.

Sementara itu, jika memang tidak membutuhkan kapasitas kulkas yang terlalu besar karena tinggal sendiri atau dengan keluarga keci, kulkas 1 pintu bisa jadi pilihan yang bijak. Beberapa brand pun telah menyematkan space freezer yang lebih besar dibandingkan dengan kulkas sejenis lainnya, sehingga bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilirik.

Pertimbangkan Kegunaannya

Untuk menentukan apakah kamu harus membeli kulkas 2 pintu atau cukup dengan 1 pintu saja, coba pertimbangkan kegunaannya sehari-hari. Jika memang kamu sering menyimpan berbagai bahan makanan segar seperti daging atau seafood dalam jumlah besar, kulkas 2 pintu bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih bagi yang menjalankan usaha kuliner dan membutuhkan kapasitas besar untuk stok barang.

Berbeda jika kulkas hanya digunakan untuk keperluan rumahan biasa. Jika merasa tidak perlu menyimpan banyak bahan makanan atau hanya untuk keperluan keluarga kecil, maka kulkas 1 pintu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Desain dan Ukuran

Memilih kulkas juga perlu mempertimbangkan ukuran desain dan ukurannya. Jika menginginkan kulkas 2 pintu, kapasitas besar memang jadi unggulan. Namun, jangan lupa memperhatikan space di rumah apakah tempat penyimpanannya memadai?

Jika memang memiliki rumah minimalis dengan dapur mungil, kulkas 1 pintu lebih tepat untuk dipilih. Bentuknya yang lebih slim membuatnya tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar sehingga cocok diletakkan di rumah dengan lahan terbatas.

Harga dan Perawatan

Bagi yang memiliki budget terbatas, kulkas 1 pintu adalah pilihan yang ideal. Harganya yang jauh lebih terjangkau membuatnya menjadi pilihan yang masuk akal untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan di rumah. Namun, kulkas jenis ini harus sering dibersihkan secara rutin. Jika bunga es di dalamnya tidak sering dibersihkan, bisa mengurangi kualitas suhu kulkas itu sendiri. Selain itu, jenis kulkas ini juga cukup rentan rusak karena instalasi freon yang mudah bocor atau thermostat yang macet.

Sementara itu, pada kulkas 2 pintu harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi dan dibekali berbagai fitur yang biasanya lebih canggih. Misalnya saja kehadiran frost-free di dalamnya, sehingga freezer tidak akan dipenuhi oleh bunga es. Namun, jika mengalami kerusakan, komponen yang diperbaiki biasanya lebih rumit sehingga biaya perbaikan juga lebih besar.

Beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan saat akan memilih kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Sudah nggak galau lagi kan? Kenali kebutuhanmu biar nggak salah pilih!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading