Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Nyaman agar Makin Bahagia di Bulan Ramadan Ini

Fimela.com, Jakarta Nilai pahala yang bisa kita dapatkan di bulan Ramadan bisa berlipat ganda lebih banyak dari bulan-bulan puasa. Mulai dari ibadah puasa hingga rutinitas bekerja bisa menghadirkan nilai pahala yang lebih besar. Segala sesuatunya yang disertai dengan niat tulus untuk beribadah bisa menghadirkan keberkahan sendiri.

Kita pun bisa makin bahagia di bulan Ramadan kali ini. Hati yang bahagia di bulan suci bisa diperoleh melalui penerapan sejumlah kebiasaan sederhana, seperti berikut ini.

 

 

1. Memperbanyak Zikir

Perbanyaklah zikir di bulan Ramadan ini. Mengutip buku Kosakata Keagamaan, kitab suci Al-Quran memerintahkan manusia agar banyak berzikir yakni mengingat dan merenung kapan saja, sepanjang pagi dan dalam (QS. al-Ahzab: 42), atau dalam keadaan apa pun; berdiri, duduk, atau berbaring (QS. Ali 'Imran: 191). Itu semua Allah dan Rasul-Nya perintahkan agar manusia memperoleh ketenangan dalam kehidupannya (QS. al-Ra'd: 28). Memperbanyak zikir bisa menghadirkan hati yang lebih tenang. Saat hati tenang, kebahagiaan pun bisa hadir dengan lebih mudah.

 

 

2. Mengelola Waktu Lebih Disiplin

Kalau beberapa bulan terakhir masih sering merasa menyia-nyiakan waktu dan selalu kewalahan mengatur waktu, maka bulan Ramadan kali ini bisa jadi momen yang tepat untuk memperbaikinya. Saatnya untuk mengatur dan mengelola waktu lebih disiplin lagi kali ini. Mulai dari jadwal bangun sahur hingga tidur pada malam hari, cobalah untuk membuat perencanaan yang lebih baik. Hatimu bisa terasa bahagia saat kamu mendapatkan kepuasan batin dari memaksimalkan setiap waktu dengan baik.

 

 

3. Menikmati Makanan dan Minuman Secukupnya

Tak perlu berlebihan saat makan dan minum. Waktu sahur dan berbuka puasa, konsumsi makanan dan minuman secukupnya sesuai kebutuhan. Berlebih-lebihan hanya akan makin membebani diri sendiri. Jadi, cobalah untuk membiasakan pola makan yang cukup selama bulan suci ini.

 

 

4. Mensyukuri Setiap Momen yang Ada

Perbanyak syukur di hari-hari biasa. Tingkatkan lagi rasa syukurmu selama bulan suci Ramadan. Hati yang penuh syukur bisa merasa makin bahagia. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang pun bisa berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya.

 

 

5. Menjalani Rutinitas yang Produktif

Berpuasa bukan alasan untuk makin bermalas-malasan. Kalaupun merasa gampang mengantuk dari biasanya, mungkin itu karena sedang dalam penyesuaian terhadap berubahnya pola makan dan waktu tidur, dan itu masih bisa dikondisikan dengan menata ulang jadwal tidur dan mengatur pola makan yang lebih sehat. Jadi, tetaplah jalani rutinitas yang produktif. Setiap rutinitas yang dijalani bisa membuat hidup terasa lebih bermakna, dan ini mendatangkan kebahagiaan sendiri.

Itu tadi lima hal yang bisa mulai diterapkan selama bulan suci Ramadan ini agar hatimu bisa lebih bahagia lagi. Semoga keberkahan senantiasa hadir dalam hari-harimu di bulan suci ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading